Pentingnya Memenuhi Gizi Ibu Hamil pada Trismester Pertama

Gizi Ibu Hamil
Artikel yang kita bahas kali ini yaitu tentang memenuhi gizi ibu hamil terutama pada tri semester pertama, alangkah baiknya anda baca dulu : Kandungan Makanan untuk Ibu Hamil . Selama masa kehamilan mulai dari trismester pertama hingga ketiga. Hanya saja masa kehamilan pada trimester pertama merupakan masa  paling penting yang harus dipenuhi kebutuhan nutrisinya. Masa-masa tersebut memang merupakan masa yang paling penting untuk masa pertumbuhan bayi. Masa ini dianggap sebagai masa paling efektif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Bagaimanapun juga  kesehatan bayi pada masa ini akan berdampak pada kesehatan bayi hingga dewasa nanti.
Pada masa trismester pertma, gizi ibu hamil memang harus terpenuhi dan benar-benar diperhatikan. Mengkonsumsi aneka makanan yang kurang bagus untuk ibu hamil seperti makanan yang bersifat panas, makanan mentah atau setengah matang, dan lain-lain bisa berdampak negatif untuk pertumbuhan bayi. Itulah sebabnya si ibu harus benar-benar mengatur pola makan dan memilih jenis makanan yang aman dan sehat untuk kandungan anda.

Beberapa nutirisi sebagai gizi ibu hamil yang sangat dibutuhkan diantaranya adalah kalori, zat besi, kalsium, zat, protein, vitamin, dan juga mineral. Jika kebutuhan sudah terpenuhi dengan baik maka kehamilan ibu akan sehat dan lancar. Hindari mengkonsumsi makanan mentah atau dimasak setengah matang, karena makanan ini bisa saja mengandung bakteri yang mungkin akan mengganggu kondisi perut anda yang semakin membuncit.
Memperhatikan asupan makanan dengan nutrisi yang baik dan berkualitas, akan menghindarkan ibu hamil kekurangan zat mikronutrien. Zat ini merupakan zat penting untuk mendukung kehamilan setiap wanita, karena jika selama masa kehamilan sang ibu kekurangan zat ini maka bisa mengakibatkan kerusakan struktur bayi dan penyakit tertentu.
Pemenuhan gizi ibu hamil harus meliputi bebepa kandungan penting dalam makanan yang harus dipunuhi. Sedangkan gizi untuk trismester pertama, asupan nutrisi yang paling dibutuhkan diantaranya adalah vitamin A, anti oksidan, seng, zat besi, tembaga, vitamin B6, Vitamin B12, tembaga dan asam folat. Beberapa nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan bayi di masa-masa proses pembentukannya menjadi calon manusia yang sempurna. Jika asupan nutrisi tidak terpenuhi maka akan mengganggu perkembangan janin sehingga janin tidak bisa tumbuh tidak sempurna atau mungkin tidak sehat

Itulah pentingnya memenuhi gizi ibu hamil terutama pada trisemester pertama yang wajib anda ketahui supaya kandungan dan janin anda selalu dalam keadaan yang sehat sampai kelak pada persalinan. Silahkan anda baca juga : Makanan dan Minuman Larangan Ibu Hamil. Semoga artikel kami bermanfaat ya

Subscribe to receive free email updates: