Kandungan Makanan Paling Dibutuhkan Demi Ibu Hamil Sehat

Makanan Ibu Hamil Sehat
Masa kahamilan adalah masa paling dinanti-nanti bagi para calon ibu terutama pasangan yang baru menikah. Demi menjaga kesehatan ibu dan calon buah hati, pastinya anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi yang tepat sehingga ibu tetap dalam kondisi prima dan si janin bisa tumbuh dengan sempurna.  Bagaimanapun juga untuk ibu hamil sehat  tetap membutuhkan tenaga ekstra sehingga si ibu juga membutuhkan asupan nutrisi ekstra yang berkualitas. Bagi anda yang hobi ngemil makanan yang sehat penting untuk diperhatikan, baca disini : Cemilan Sehat Untuk Wanita Hamil. Beberapa jenis nutrisi baik yang dibutuhkan oleh ibu hamil sehat diantaranya adalah;

a. Nutrisi yang mengandung kalori (energi)
Ibu hamil memang membutuhkan banyak energy untuk mendukung segala aktifitasnya. Selain itu sumber energy yang dikonsumsi oleh ibu juga sangat bermanfaat untuk mendukung perkembangan janin. Pada masa kehamilan, tubuh ibu hamil akan membutuhkan sekitar 8.000 kalori yang harus dipenuhi. Meskipun demikian, control dengan baik asupan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh anda karena kalori yang terlalu banyak juga akan membuat kenaikan berat badan yang tidak terkontrol.
b. Protein
Protein adalah asupan yang sangat penting untuk mendukung perkembangan jaringan pada janin. Protein yang dibutuhkan sekitar 75 gram setiap harinya. Jumlah ini lebih banyak dari jumlah ibu tidak hamil yang hanya membutuhkan sekitar 50 gram saja. Protein ini bisa berupa protein hewani ataupun nabati. Produk hewani bisa anda dapatkan dari daging, ikan, telur, susu, keju, dan lain-lain. Sedangkan untuk produk nabati bisa anda dapatkan dari jenis makanan seperti kacang-kacangan, tahu, tempe, dan lain-lain
c. Asam folat
Asam folat ini mengandung vitamin B yang sangat penting untuk mendukung perkembangan embrio. Selain itu vitamin ini juga sangat bagus untuk mencegah cacat pada otak dan juga tulang belakang.
d. Kalsium
Janin mengambil kalsium dari si ibu hingga sampai 30 mg setiap harinya. Jika asupan kalsium untuk janin tidak terpenuhi maka akan mengambil kalsium ibu. Sumber kalsium bisa anda dapatkan di susu, keju, atau yoghurt.
e. Zat besi
Zat yang satu ini sangat penting untuk memproduksi sel darah merah yang akan membawa oksigen menuju ke jaringan tubuh. Zat besi ini bisa anda dapatkan dari daging merah,  ikan, unggas, sereal, dan lain-lain.

Itulah beberapa nutrisi yang di perlukan agar ibu hamil selalu dalam keadaan sehat. Terutama untuk gizi harus selalu diperhatikan, baca juga : Zat Gizi Penting Bagi Wanita Hamil.

Subscribe to receive free email updates: