Pengertian Diet Menurut Para Ahli Adalah

Pengertian Diet
Salah satu pilihan orang untuk mendapatkan tubuh yang ideal yaitu dengan menjalankan program diet. Dan diet yang bisa dilakukan bermacam-macam, baik itu diet pisang, diet semangka, diet mayo, diet ala artis, serta jenis diet yang lain. Tetapi sebenarnya apa pengertian diet itu sendiri, karena jangan sampai anda melakukan serta membicarakan diet tetapi tidak mengetahui pengertian diet yang sebenarnya.
Diet sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti cara hidup. Sedangkan pengertian diet menurut istilah yaitu pengaturan pola makan, baik itu menurut ukuran, porsi, dan kandungan gizi dalam makanan. Karena biasanya saat menjalankan program diet, seseorang akan mengatur pola makan saat diet, porsi makan setiap hari, serta mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh saat menjalankan program diet.
Selain pengertian diet menurut istilah, ada beberapa pengertian diet lain yang bisa anda ketahui diantaranya:

1. Pengertian diet menurut Hartono (2000)
Menurut Hartono pengertian diet adalah pengaturan jenis dan jumlah makanan dengan tujuan tertentu, antara lain seperti mempertahankan kesehatan serta status nutrisi dan membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

2. Pengertian diet menurut ahli kedokteran EGC (1994)
Diet adalah kebiasaan yang diperbolehkan dalam hal makanan serta minuman yang dikonsumsi oleh seseorang dalam setiap harinya.Terutama yang dirancang khusus untuk mencapai tujuan dan memasukkan atau mengeluarkan bahan makanan tertentu. (Hartantri, 1998)

3. Pengertian diet menurut Luxboy (2008)
Menurut Luxboy pengertian diet ialah diet yang seimbang  atau diet normal  untuk mendapatkan tubuh sehat terdiri atas semua dari elemen makanan yang diperlukan. Tujuannya untuk mengatur fungsi tubuh, membangun serta memeliharasel tubuh dibutuhkan protein, mineral, lemak, dan vitamin.

4. Pengertian diet menurut MangoenPrasodjo (2005)
Diet yang baik adalah diet yang lebih menekankan perubahan pada jenis makanan, jumlah serta seberapa sering orang makan dan ditambahkan dengan program.

5. Pengertian diet menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBHI)
Menurut KBBHI pengertian diet adalah aturan makanan khusus untuk kesehatan, dan dilakukan menurut petunjuk dokter atau pun konsultan.

6. Pengertian diet menurut Budiyanto (2001)

Agar tujuan diet dapat tercapai, dalam diet jumlah asupan serta frekuensi makan juga harus dikendalikan.

Dari pengertian diet menurut para ahli, dapat disimpulkan bahwa pengertian diet adalah sebuah cara untuk menurunkan berat badan dengan cara mengatur pola makan serta mengatur asupan nutrisi yang dikonsumsi setiap harinya.
Jika anda sudah memahami tentang pengertian diet yang benar, tentu anda akan mengatur pola makan serta kandungan nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi ketika diet. Baca juga : Daftar Menu Makanan untuk Program Diet. Selain dalam pengaturan pola makan, saat melakukan diet juga akan diimbangi dengan melakukan olahraga rutin serta melakukan pola hidup sehat. Pola atau gaya hidup sehat yang bisa dijalankan seperti perbanyak mengkonsumsi air putih, istirahat yang cukup, menghindari mengkonsumsi minuman beralkohol, serta selalu berpikiran positif.
Dalam pengertian diet sehat juga akan menekankan untuk mengurangi porsi makan, bukannya mengurangi jumlah makan. Karena porsi makan yang kecil akan membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Saat melakukan diet juga sebaiknya tanpa paksaan, karena diet yang dilakukan dengan paksaan biasanya hasilnya juga kurang maksimal.Dan tentu saja tidak anda konsistensi ketika melakukannya.

Itulah beberapa pengertian diet, dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa diet tidak perlu dilakukan dengan cara ekstrim seperti tidak makan sama sekali. Karena diet sehat lebih menekankan pada kesehatan serta bagaimana cara mendapatkan tubuh yang ideal dengan cara yang alami.
Nah sedangkan untuk diet hipertensi menurut Wikipedia adalah diet bagi penderita hipertensi yang ditujukan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan mempertahankan tekanan darah menuju normal. Selain itu diet hipertensi juga ditujukan untuk menurunkan faktor risiko hipertensi lainnya seperti berat badan yang berlebih, tingginya kadar lemak (kolesterol) dan asam urat dalam darah. Baca juga Cara Diet Alami dan Cepat.

Subscribe to receive free email updates: