Berikut Beberapa Makanan dan Minuman Larangan Untuk Ibu Hamil

Makanan dan Minuman Larangan Ibu Hamil
Ibu hamil harus benar-benar selektif dalam memilih makanan, sebab dapat berpengaruh pada kesehatan Ibu bayi dan janinnya. Sebelum anda mengetahui beberapa pantangan makanan untuk anda yang sedang hamil, sebaiknya baca dulu : Kandungan Makanan Untuk Ibu Hamil Sehat. Beberapa jenis kandungan yang terdapat dalam makanan berikut ini adalah jenis makanan dan minuman larangan ibu hamil yang harus dihindari selama masa kehamilan;

a. Alkohol
Jika anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi alcohol, maka pada saat hamil anda harus menghentikan kebiasaan buruk ini. Perlu anda ketahui bahwa alcohol ini bisa memberikan efek negatif untuk  kesehatan ibu dan si buah hati. Alkohol bisa meningkatkan resiko bayi lahir premature dan bahkan keguguran.
b. Minuman yang mengandung kafein
Kondisi ibu hamil yang sangat rawan terhadap anemia memang harus menghindari kafein. Bagaimanapun juga kafein bisa menghambat penyerapan zat besi yang pastinya sangat dibutuhkan oleh bayi dalam kandungan.
c. Aneka jenis makanan yang dimasak setengah matang
Bagi anda penggemar Sushi dan beberapa makanan lain yang masaknya masih setengah matang, seharusnya dihindari dulu selama masa kehamilan. Perlu anda ketahui bahwa makanan-makanan mentah mengandung banyak bakteri berbahaya yang bisa mengganggu perkembangan janin. Salah satu jenis bakteri yang sangat berbahay seperti bakteri Listeria yang bisa mengakibatkan keguguran hingga meninggal di dalam kandungan.
d. Sea food (makanan laut)
Aneka masakan berbau sea food memang sering kali membuat penggemar jenis makanan yang satu ini tidak tahan jika tidak memakannya. Tapi, perlu anda ketahui bahwa mengkonsumsi makanan laut dalam jumlah berlebih bisa juga berbahaya untuk calon buah hati. Sebaiknya anda membatasi atau menghindari mengkonsumsi makanan jenis ini karena kandungan merkurinya sangat berbahaya untuk kesehatan.
e. Aneka makanan yang bersifat panas
Jika kondisi kehamilan anda masih sangat muda, sebaiknya anda menghindari  beberapa makanan yang bersifat panas seperti nanas dan durian.
f. Aneka makanan yang terlalu pedas
Cabai memang mengandung vitamin dan baik untuk tubuh, tapi jika anda mengkonsumsi makanan yag terlalu pedas maka dikhawatirkan akan memicu meningkatnya asam lambung. 
Sebagai anugerah terindah bagi para orang tua, setiap kehamilan pastinya juga harus selalu dijaga kesehatannya. Dengan kondisi kehamilan yang sehat, maka janin yang ada dalam kandungan pastinya juga akan tumbuh dan berkembang dengan sempurna.

Dengan memperhatikan berbagai jenis makanan dan minuman larangan ibu hamil tersebut , maka kesehatan ibu dan bayi juga lebih terjamin.  Baca juga : Zat Gizi Penting Bagi Wanita Hamil. Semoga artikel kami menginspirasi ya.

Subscribe to receive free email updates: