Jenis Gerakan Senam Ibu Hamil yang Mudah dan Aman

Gerakan Senam  Ibu Hamil
Gerakan senam yang bagaimanakah yang tepat untuk ibu hamil? Nah kita akan membahas yaitu berbagai gerakan senam ibu hamil pada artikel berikut. Setiap ibu yang sedang hamil pasti menginkan anaknya kelak lahir dengan lancar dan dalam kondisi sehat.  Jika banyak ibu yang sering kali malas pada saat hamil, hal ini disebabkan karena aliran darah kurang lancar akibatnya tubuh tidak fresh dan bugar. Jika anda meginginkan kondisi tubuh yang fresh dan bugar, maka anda harus aktif melakukan gerakan senam atau olahraga ringan. Tidak harus pergi ke tempat lain untuk melakukan kegiatan ini tapi ada gerakan senam yang mudah dan bisa anda lakukan sendiri di rumah. Jika anda rutin melakukan gerakan senam pada saat hamil, maka anda akan merasakan manfaatnya saat proses kelahiran anda nantinya.

Gerakan-gerakan senam ibu hamil yang mudah dan aman
a. Posisi duduk diatas alas senam yang sangat lembut dengan meregangkan kedua kaki  lurus ke dapan. Dengan merebahkan tubuh ke belakang  dan posisi kepala beralaskan siku, maka silahkan anda lakukan gerakan telapak kaki hingga lurus dengan lutut dan lakukan fariasi gerakan dari arah kiri dan arah kanan hingga beberapa kali tergantung dengan kemampuan anda.
b. Duduklah dengan posisi bersila dan pastikan bahwa posisi tersebut aman untuk anda dan kandungan. Jangan lupa untuk meletakkan alas senam yang empuk dan nyaman sebagai tempat duduk anda. Lakukan gerakan seperti orang semedi sambil mengambil nafas dan mengeluarkannya kembali melalui hidung. Cara ini sangat efektif untuk membantu anda mengatur pernafasan dengan cara lebih teratur yang pastinya juga akan anda butuhkan pada saat proses kelahiran.
c. Gerakan senam ibu hamil yang juga bisa anda lakukan sendiri adalah melakukan gerakan senam dengan posisi  tidur dengan menggunakan penyangga kepala yang nyaman seperti halnya bantal. Lakukan gerkan dengan cara mengankat kedua lutut anda hingga seperti orang melahirkan. Silahkan anda tarik nafas anda dalam-dalam hingga nafas hampir habis lalu keluarkan nafas secara berlahan dan lakukan ini secara berulang-ulang sesuai dengan kemampuan anda.

Dalam melakukan kegiatan senam ibu hamil, sebagai catatan anda harus bisa mengukur kondisi fisik anda sendiri. Ingat jangan memaksakan diri untuk melanjutkan kegiatan senam jika kondisi tubuh mulai capek. Semoga artikel kami tentang gerakan senam untuk ibu yang sedang hamil diatas dapat bermanfaat. Baca juga : Akibat Ibu Hamil Malas Olahraga.
loading...

Subscribe to receive free email updates: