Inilah Manfaat Berenang untuk Bayi Anda

Manfaat Berenang untuk Bayi
Olahraga berenang sangat baik untuk kesehatan, tidak hanya orang dewasa bahkan bayi pun  juga sangat dianjurkan, nah pada artikel ini kami akan membahas tentang manfaat berenang untuk bayi. Belakangan ini dilakukan beberapa penelitian seputar berenang  pada bayi dan hasilnya menunjukkan banyaknya keuntungan dari berenang ini  pada bayi. Tahukah bunda bahwa bayi ternyata memiliki refleks untuk menahan nafas di dalam air hingga usia enam bulan lho.

Anda dapat mengguyurkan sedikit air ke wajah bayi anda ketika memandikannya. Hal ini dapat membantu bayi anda untuk terbiasa dengan air.  Sebelum mengguyurkan air sebaiknya berikan aba-aba seperti , “ Sayang, siap ya”. Dengan begitu setiap kali anda mengucapkan aba-aba tersebut, si kecil pun akan bersiap-siap. Lalu, apa saja manfaat berenang untuk bayi?
1. Keseimbangan
Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang diajar berenang menunjukkan keseimbangan yang lebih baik dibandingkan yang tidak dan perbedaan ini terus nampak hingga anak-anak tersebut berusia 5 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan dan mengamati anak-anak berusia 5 tahun. ternyata mereka yang sudah terbiasa berenang sejak bayi lebih baik keseimbangannya dibandingkan yang tidak.
2. Kemampuan Menggenggam
Bayi yang terbiasa berenang memiliki kemampuan menggenggam, meraih, dan memegang sesuatu lebih baik daripada yang tidak.
3. Percaya Diri
Pujian yang diperoleh si kecil pada saat berenang membuat ia mulai percaya diri dengan kemampuannya bisa mendalikan diri dengan baik di dalam air.
4. Terbiasa dengan Air
Bayi yang terbiasa dengan air tidak akan mudah panik jika berada dalam bahaya di dalam air . Pada anak-anak yang tidak terbiasa dengan air, jangankan tercebur, kepalanya diguyur air saat mandi saja mereka sudah berteriak ketakutan.
5. Memperkenalkan Pola Hidup Sehat
Tidak diragukan lagi bahwa berenang sangat baik untuk kesehatan, sehingga apabila anda memperkenalkannya sejak dini, maka mereka bisa membiasakannya hingga dewasa.
6. Memperkuat Ikatan Orang Tua-Anak
Kegiatan berenang ini tentunya juga akan mempererat hubungan anda dengan si kecil..
7. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa
Ketika Anda berenang bersama buah hati Anda, maka proses komunikasi yang positif akan terjadi sehingga kemampuan bahasanya akan meningkat. 
8. Meningkatkan Kualitas Tidur
Bayi yang secara rutin berenang ternyata kualitas tidurnya akan meningkat, sebaiknya anda baca juga : Cara Agar Bayi Tidur Berkualitas.

Itulah beberapa manfaat berenang untuk bayi, sebenarnya masih banyak manfaat lainnya. Paling penting adalah peran orang tua untuk terus berkreatifitas dan sanantiasa mengawasi perkembangan buah hatinya supaya tumbuh menjadi anak yang sehat dan pintar. Semoga artikel kami menginspirasi ya. Baca juga : Cara Agar Anak Pintar Sejak Dini.

Subscribe to receive free email updates: