Cara Agar Bayi Mendapatkan Tidur Berkualitas

Cara Agar Bayi Mendapatkan Tidur Berkualitas
Banyak sekali para ibu yang tentunya ingin tau cara agar bayi mendapatkan tidur yang berkualitas. Tidur merupakan saat-saat yang penting bagi bayi karena kualitas tidur akan mempengaruhi tumbuh kembangnya termasuk kesehatan. Ketika bayi mendapatkan tidur yang berkualitas maka, hormon di dalam tubuh akan bekerja secara maksimal dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Hal ini diungkapkan oleh dr.Rosalina Dewi RoeslaniSp.A(K), seorang dokter dari Rumah sakit Cipo mangun kusumo (RSCM) yang merupakan dokter spesialis anak divisi perinatologi). Rata-rata bayi tertidur 16 jam sehari, namun waktu tidurnya terpecah-pecah .

Bagaimana agar bayi anda tertidur lebih panjang pada malam hari? Berikut cara agar bayi mendapatkan tidur berkualitas untuk anda.
1. Beri Susu
Memberi ASI atau susu formula dapat meminimalisir bayi anda terbangun tengah malam akibat lapar. ASI sangat mudah dicerna oleh tubuh sehingga anda harus siap terbangun 2-3 kali sekali untuk memberikan ASI kembali.
2. Gunakanlah Popok Berdaya Serap Tinggi
Kadang bayi terbangun bukan karena haus atau lapar melainkan karena popoknya yang kurang nyaman. Jika anda lebih suka menggunakan popok kain, anda harus lebih sering mengganti popoknya. Segeralah ganti popok yang kotor karena di dalam popok yang kotor banyak terdapat bakteri-bakteri yang tentunya akan menimbulkan masalah kulit pada buah hati anda.
3. Tidur Siang di Ruangan Terang
Biarkan bayi anda tertidur di ruangan dengan cahaya terang pada saat siang hari. Dengan begitu, tidur siangnya akan sebentar dan malam harinya ia akan tertidur lebih lama dan anda tidak harus selalu terjaga.
4. Membuat Suasana Hati Tenang
Bayi yang rileks akan tidur lebih lama dibandingkan bayi yang resah dan merasa tidak nyaman.  Membuat bayi nyaman bisa dilakukan dengan berbagai hal seperti bernyanyi, memandikannya, memijat bayi secara lembut, dan lain-lain. Pilih saja cara yang sesuai dengan bayi anda.
5. Atur Jadwal Tetap
Jika bayi terbangun terlalu siang karena ia terjaga semalaman, bangunkanlah ia pada jam yang sama. Anda bisa mengatur pola tidur sejak si kecil berusia 4 bulan karena pada usia inilah ia mampu mengenali siang dan malam.

Itulah beberapa cara agar bayi mendapatkan tidur yang berkualitas, sebab menjaga kualitas tidur sangatlah penting bunda, jadi janganlah disepelekan. Semoga artikel kami diatas dapat menginspirasi ya. Pengen anak anda pintar ?, sebaiknya baca juga : Cara Agar Anak Pintar Sejak Dini.

Subscribe to receive free email updates: