Zat Gizi yang Penting Bagi Wanita Hamil

Zat Gizi yang Penting Bagi Wanita Hamil
Bunda wajib tau apa sih zat gizi yang penting bagi wanita hamil ? Kita tahu kalau mengonsumsi makanan bergizi sangat berguna untuk kesehatan, terutama bagi wanita hamil dan bayi yang ada di dalam kandungannya. Walaupun makan makanan bergizi seimbang secara teratur memang dianjurkan, ternyata ada beberapa jenis zat gizi yang sebaiknya agak ditingkatkan konsumsinya bila seorang wanita sedang mengandung. Zat-zat gizi ini tidak hanya menyokong kondisi fisik sang calon ibu selama proses kehamilan, namun juga membantu melancarkan proses persalinan serta membantu perkembangan bayi di dalam kandungannya agar tumbuh menjadi anak yang sehat.

Berikut adalah beberapa zat gizi penting yang sebaiknya dikonsumsi sedikit lebih banyak saat hamil.
Zat besi yang ada di dalam daging merah, unggas, telur dan ikan-ikanan merupakan kandungan yang wajib ada dalam menu makanan wanita hamil, karena sangat penting bagi kesehatan ibu sekaligus bayi. Untuk sang ibu, zat besi merangsang pembentukan hemoglobin dalam darah sehingga pada gilirannya dapat membantu proses persalinan. Bila wanita hamil tidak mendapat cukup zat besi, bukan hanya dirinya yang dapat terkena anemia, namun juga bayinya. Zat lain yang penting bagi sistem peredaran darah serta syaraf yang sehat baik bagi sang ibu maupun bayi adalah Vitamin B12, yang banyak terdapat dalam produk susu serta daging.

Kita mungkin sering mendengar istilah asam folat dalam artikel atau iklan mengenai kesehatan wanita hamil serta bayi dalam kandungan, namun bagaimana sebenarnya cara kerjanya? Asam folat merupakan zat perangsang pertumbuhan sistem syaraf di otak bayi serta memudahkan proses persalinan bagi sang ibu. Asam folat banyak terdapat dalam sayuran hijau, buah-buahan segar, serta kacang-kacangan. Agar ibu hamil benar-benar yakin bahwa dirinya mendapatkan zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah yang cukup, sebaiknya ibu hamil mengonsultasikan menu makanannya dengan dokter dan meminta rekomendasi untuk set menu harian yang lebih lengkap. Bila anda wanita hamil dan merasa tidak cukup mendapatkan zat-zat gizi untuk menjaga kesehatan tubuh anda serta si bayi, tidak ada salahnya mengonsumsi suplemen atau susu khusus yang mengandung zat-zat tersebut. Semoga artikel kami tentang zat gizi yang penting bagi wanita hamil diatas dapat bermanfaat. Baca juga : Makanan Sehat Untuk Wanita Hamil.

Subscribe to receive free email updates: