Makanan Paling Digemari Oleh Ibu Hamil Muda atau Ngidam

Makanan Ibu Hamil
Sering mendengar istilah ngidam? Nah di artikel berikut kita akan membahas tentang makanan ibu hamil muda atau sering orang menyebutnya ngidam. Pada usaia kehamilan yang masih muda, ibu hamil biasanya memang sering kali tidak selera terhadap makanan-makanan tertentu. Bahkan umumnya mereka mual dan ingin muntah saat melihat berbagai jenis makanan terhidang di depannya. Padahal beberapa jenis makanan tersebut adalah makanan yang sangat digemari sebelum hamil. Biasanya pada masa-masa hamil muda, mereka lebih memilih berbagai makanan aneh yang biasanya tidak pernah diinginkan sebelumnya dan masa inilah yang disebut dengan masa ngidam.

Beberapa jenis makanan ibu hamil yang paling banyak digemari pada saat hamil muda diantaranya;
a. Buah yang asam
Berbagai buah yang rasanya asam seperti buah mangga, jeruk, dan lain-lain bisa menjadi makanan favorit untuk ibu hamil. Bahkan beberapa dari mereka lebih memilih makan buah-buahan ini karena akan mual atau muntah saat menemui makanan yang berupa nasi dan lain-lainnya. Keinginan mengkonsumsi makanan ini dikarenakan untuk menghilangkan rasa mual yang sering menyerang.
b. Sayuran yang segar dan tidak bersantan
Pada masa kehamilan pertama, sangat wajar jika ibu sangat malas untuk makan makanan yang berkuah santan. Makanan yang bersantan memang bisa merangsang mual sehingga seringkali tidak memberikan rasa nyaman saat mengkonsumsi makanan bersantan. Beberapa sayuran segar seperti sayur bening, sayur asem, sayur sop, dan lain sebagainya.
c. Camilan
Beberapa jenis makanan lain yang juga cukup menarik untuk orang yang hamil muda adalah aneka camilan atau makanan ringan. makanan ini merupakan jenis makanan yang tidak enek saat dikonsumsi.

Meskipkun orang yang sedang hamil memang membutuhkan banyak asupan kalori, anda harus lebih selektif dalam menentukan aneka makanan yang akan anda konsumsi. Pilihlah jenis makanan ibu hamil yang aman dan baik untuk kesehatan diri anda dan si janin. Hal ini penting untuk diperhatikan mengingat biasanya orang hamil sering kali menyebutnya “ngidam” untuk dapat memakan apapun yang ingin disantap. Padahal  jenis makanan yang diinginkan belum tentu jenis makanan yang sehat dan baik untuk pertumbuhan janin. Tidak ada salahnya memenuhi makanan ibu hamil yang paling digemari pada saat hamil muda, dengan catatan makanan yang dipilih bukan jenis makanan yang mengandung zat berbahaya. Semoga artikel kami bermanfaat. Baca juga : Gizi Ibu Hamil Tri Semester Pertama.

Subscribe to receive free email updates: