Begini Cara Agar Anak Tidak Obesitas Di Usia Muda

Cara Agar Anak Tidak Obesitas
Di jaman yang serba modern seperti saat ini, perkembangan teknologi semakin beragam. Adanya fasilitas tersebut tentu membuat kebutuhan bisa di lakukan secara instan. Begitu juga dengan kebutuhan pokok sehari-hari yaitu pangan.
Ya, saat ini banyak di jumpai banyaknya makanan yang berada di sekitar kita, baik itu dari harga hingga bahan pembuatan. Pada anak-anak juga akan di hadapkan dengan berbagai macam jenis makanan cepat saji dengan kandungan lemak dan kolesterol tinggi serta cenderung tidak sehat. Hal tersebut tentu dapat memicu adanya obesitas pada anak sejak dini.
Sebagai orang tua yang selalu peduli dengan tumbuh kembang dan kesehatan, tentu ada perasaan cemas dengan banyak beredarnya makanan yang tidak sehat tersebut. Untuk meminimalisir hal tersebut, anda bisa melakukan cara agar anak tidak obesitas di bawah ini.

- Menjadi Panutan Yang Baik
Salah satu penyebab utama seseorang bisa terkena diabetes yaitu adanya faktor genetic. Oleh sebab itu, cara agar anak tidak obesitas yang pertama yaitu berawal dari diri sendiri terlebih dahulu sebagai cara paling efektif. Anda bisa menjadi panutan terbaik untuk buah hati anda dimana anda harus menjalankan pola hidup sehat. Jika salah satu orang tua mengalami obesitas, maka resiko terkena diabetes menjadi bertambah 40%.

- Pastikan Anak Mendapatkan Jam Tidur Yang Cukup
Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa anak yang kurang mendapatkan waktu tidur yang sesuai akan memiliki resiko terkena kegemukan lebih besar di bandingkan dengan anak yang memiliki jam tidur yang cukup. Cara agar anak tidak obesitas ini bisa anda terapkan pada anak balita anda agar mendapatkan jam tidur sebanyak 12 jam. Sedangkan bagi anak yang sudah memasuki usia sekolah membutuhkan jam tidur sebanyak 10 jam setiap harinya.

- Mengajarkan Kebiasaan Mengkonsumsi Makanan Sehat
Pada masa pertumbuhannya memberikan pola makan yang seimbang merupakan cara agar anak tidak obesitas yang penting untuk di lakukan. Biasakanlah untuk memberikan makanan yang kaya nutrisi seperti buah, sayuran, protein, gandung hingga produk olahan susu rendah lemak.
Penting juga bagi anda untuk memperhatikan asupan makanan seperti gula, kalori hingga makanan berlemak tinggi. Baca juga : Makanan yang Baik Untuk Program Diet

- Memotivasi Anak Agar Mau Bergerak Aktif Setiap Hari
Teknologi yang semakin canggih membuat para anak untuk tidak ketinggalan mengikuti perkembangannya. Seperti di ketahui bahwa sekarang banyak anak yang memainkan beragam gadget di sela-sela aktivitas kesehariannya. Tak jarang jika kebanyakan dari anak-anak merasa kecanduan dengan adanya gadget, sehingga mereka tidak mau bergerak karena keasyikan untuk memainkan gadget mereka tersebut.
Maka dari itu, cara agar anak tidak obesitas yang harus di lakukan yaitu anda harus bisa membatasi kegiatan tersebut untuk mengajaknya bergerak aktif.

- Lakukan Pemeriksaan Pada Dokter Anak Secara Rutin
Cara agar anak tidak obesitas yang terakhir yaitu anda bisa melakukan pemeriksaan dokter secara rutin pada dokter anak. Langkah yang satu ini akan mempermudah anda dalam memantau kondisi kesehatan anak anda secara keseluruhan. Anda bisa mengajak dokter tersebut untuk melakukan pemeriksaan fisik anak hingga anda bisa menanyakan berbagai hal mengenai perkembangan anak anda tersebut secara rinci. Hal-hal yang bisa di lakukan antara lain melakukan imunisasi hingga memantau pertumbuhan anak mulai dari berat, tinggi hingga body mass index. Hal ini untuk memastikan bahwa anak anda tumbuh secara normal dan sehat.
Dengan adanya cara agar anak tidak obesitas di atas tentu dapat membantu para orang tua yang sedang menerapkan pola hidup sehat pada buah hatinya.

Subscribe to receive free email updates: