Memahami Pengertian Obesitas dan Penyebabnya

loading...
loading...
obesitas adalah
Dalam tubuh, pastinya terdapat sejumlah untuk menyimpan cadangan energy dan juga penyerap guncangan. Namun, apabila jumlah yang di hasilkan dalam tubuh tersebut tersendiri dari dalam jumlah yang berlebihan, maka timbunan lemak tersebut justru dapat proses metabolisme dalam tubuh. Oleh sebab itu pengendalian berat badan agar tubuh tidak mengalami obesitas yaitu dengan melakukan berbagai hal agar tubuh tidak mengalami penimbunan lemak berlebih.
Obesitas sendiri merupakan suatu kondisi dimana pada tubuh seseorang terjadi penumpukan lemak yang berlebihan. Hal satu ini termasuk dalam salah satu masalah kesehatan yang memerlukan penanganan khusus karena bisa berdampak dengan adanya gangguan penyakit kronis.
Sedangkan obesitas menurut WHO dapat didefinisikan sebagai akumulasi lemak yang berlebihan yang dapat menyebabkan berbagai resiko kesehatan pada diri seseorang. Obesitas dapat di bedakan menjadi tiga golongan, antara lain :
1. Obesitas ringan ( berat badan mencapai 20% sampai 40%)
2. Obesitas sedang ( berat badan mencapai 41% sampai 100%)
3. Obesitas berat ( berat badan lebih dari 100%)

Masalah kesehatan satu ini cenderung memiliki konsekuensi besar terhadap kesehatan masyarakat terutama untuk jangka panjang. Umumnya, ketika obesitas terjadi pada usia muda akan membuat anak menjadi berkembang pada usia yang tidak tepat yaitu menjadi dewasa dan gemuk sebelum waktunya. Maka dari itu, saat ini obesitas merupakan salah satu tantangan paling serius untuk kesehatan masyarakat. Terlebih lagi bahwa penyakit ini ternyata menunjukkan angka peningkatan setiap tahunnya sebagaimana data dari WHO di tahun 2010. Dalam data tersebut menunjukkan bahwa lebih dari 42 juta anak di seluruh dunia mengalami kelebihan berat badan abnormal pada tubuhnya sehingga akan memicu adanya penyakit degenerative ketika dirinya menginjak usia dewasa.

Penyebab dari penyakit obesitas ini yaitu dikarenakan adanya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori dan lemak yang lama-kelamaan akan mengendap pada tubuh. Aktivitas yang dilakukan selama tubuh mendapatkan 2 hal tersebut karena ketidakseimbangan antara asupan makanan yang di konsumsi dengan pembakaran kalori pada tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab obesitas yang bisa anda ketahui.
- Faktor Genetik
Penyakit obesitas cenderung memiliki sifat untuk di turunkan sehingga bisa di simpulkan bahwa obesitas bisa saja diakibatkan adanya genetic pada riwayat keluarganya. Meskipun anggota keluarga hanya mewarisi gen, namun pola hidup yang tidak sehat serta seringnya mengkonsumsi makanan cepat saja bisa pula mendorong terjadinya obesitas.
Itu sebabnya, jika anda berasal dari keluarga yang kebetulan memiliki ukuran tubuh di atas rata-rata, sangat dianjurkan bagi anda untuk lebih peduli dengan gaya hidup yang sehat dan berusaha menjaga apa saja yang ada masukan ke dalam tubuh anda.
- Faktor Psikis
Biasanya, hal ini memberikan reaksi terhadap emosinya terhadap pola makannya. Dan salah satu bentuk dari gangguan emosi yang timbul adanya persepsi tersebut yaitu justru cenderung negative. Biasanya, hal ini sering terjadi pada kaum wanita, maka tak heran jika kebanyakan penyakit obesitas di derita oleh para wanita.
- Faktor Lingkungan
Tak hanya faktor psikis dari dalam diri seseorang saja yang dapat di jadikan salah satu penyebab obesitas. Keadaan dan orang-orang yang ada di sekitar anda juga sangat bisa menjadi penyebabnya. Mengapa? Kedua hal tersebut akan sangat memungkinkan berpengaruh pada cara anda memilih makanan dan porsi anda memakannya.
Dengan mengetahui pengertian dan penyebab obesitas tadi, diharapkan anda bisa lebih peduli dengan keadaan tubuh anda sendiri, sehingga resiko mengalami obesitas akan semakin lebih kecil. Baca juga : Cara Agar Anak Tidak Obesitas
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memahami Pengertian Obesitas dan Penyebabnya"

Post a Comment