Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Untuk Diet Sehat Hipertensi

Makanan Untuk Diet Sehat Hipertensi
Hipertensi atau darah tinggi,adalah penyakit yang sekarang paling banyak diderita orang. Baik itu pria maupun wanita, bisa mengalami penyakit ini. Tetapi kebanyakan penyakit hipertensi diderita oleh pria dewasa. Hipertensi merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap sepele, sebab bila dibiarkan penyakit ini dapat memicu penyakit lain seperti penyakit ginjal, stroke, bahkan juga penyakit jantung.
Seseorang yang sudah menderita hipertensi, dianjurkan untuk menjalankan diet. Diet sehat hipertensi sendiri tidak seperti diet pada umumnya, karena diet sehat hipertensi mengatur pola makan serta aktifitas fisik yang dapat menjaga tekanan darah.Karena seperti yang anda ketahui, penyakit hipertensi adalah penyakit yang cukup sulit untuk disembuhkan.Oleh sebab itu penderita penyakit hipertensi diwajibkan untuk menjaga tekanan darahnya tetap normal. Yaitu dengan cara melakukan diet sehat hipertensi.
Diet sehat hipertensi lebih kepada mengatur makanan yang akan dikonsumsi. Sebab cukup banyak makanan yang wajib dihindari, saat menjalankan diet ini.Saat menjalankan diet sehat hipertensi, kurangilahasupan garam dalam setiap makanan yang dikonsumsi. Mengkonsumsi garam secara berlebihan akan menaikkan tekanan darah, dan bila itu terjadi tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan anda.
Berikut daftar makanan yang wajib dikonsumsi saat menjalankan diet sehat hipertensi, antara lain:

1. Jus seledri
Jus seledri sangat baik untuk dikonsumsi, sebab kandungan yang terdapat dalam jus seledri dapat menurunkan tekanan darah.Serta dapat membantu tekanan darah tetap dalam batas normal.Konsumsilah 2-3 gelas jus seledri setiap harinya, karena selain untuk mencegah hipertensi jus seledri juga baik untuk menyembuhkan asam urat. Baca juga : Resep Jus Khusus Untuk Diet.

2. Bayam
Kandungan potassium, magnesium, serat, serta asam folat dalam bayam sangat baik untuk menurunkan tekanan darah.Anda dapat memasukkan bayam, dalam menu diet sehat hipertensi yang anda jalankan.Bayam dapat dimakan langsung ataupun diolah menjadi sayur bening.Tetapi agar khasiat yang terkandung dalam bayam tidak hilang, sebaiknya mengolah bayam tidak terlalu lama.

3. Kacang merah
Seperti halnya bayam, kacang merah juga tinggi akan magnesium, potassium, dan serat yang sangat bagus agar tekanan darah cepat turun. Kacang merah juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung anda.

4. Mentimun
Mentimun tidak perlu diragukan lagi khasiatnya untuk penderita hipertensi.Diet sehat hipertensi juga wajib memasukkan mentimun, dalam menu harian yang dikonsumsi. Mengkonsumsi mentimun 2 buah mentimun setiap harinya untuk menu diet sehat hipertensi, akan membuat tekanan darah turun hanya dalam waktu 2 minggu.

5. Kentang
Melakukan program diet sehat hipertensi, sebaiknya anda mengganti mengkonsumsi nasi dengan kentang.Kentang dipilih karena kandungan magnesium dan potassium tinggi yang baik untuk jantung. Potassium dalam kentang akan menekan produksi sodium yang membuat tekanan darah meningkat. Mengkonsumsi kentang untuk diet sehat hipertensi, sebaiknya diolah dengan cara direbus atau pun dikukus dan hindari mengkonsumsi kentang yang digoreng.

6. Pisang
Buah yang bisa dikonsumsi saat diet sehat hipertensi adalah buah pisang.Potassium dalam pisang termasuk tinggi, dan baik untuk membuat tekanan darah menurun.Konsumsilah buah pisang setiap harinya, untuk mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Baca juga : Cara Diet Pisang.

7. Kedelai
Magnesium serta potassium tinggi dalam kedelai, sangat baik untuk mengontrol penyakit hipertensi yang anda derita. Kedelai sendiri bisa anda konsumsi dengan cara direbus, atau pun yang sudah diolah menjadi tempe. Tetapi tetap tidak boleh menggunakan garam dalam pengolahannya.
Itulah beberapa makanan yang wajib anda konsumsi untuk program diet sehat hipertensi.Dan semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan anda, tentang diet sehat hipertensi yang tepat untuk kesehatan anda. Baca juga : Makanan Untuk Diet Penderita Diabetes.

Subscribe to receive free email updates: