Makanan Untuk Diet Diabetes

Makanan Untuk Diet Diabetes

Diet tidak hanya berlaku bagi mereka yang ingin mendapatkan tubuh ideal nan seksi, diet juga diperuntukkan bagi mereka yang mengidap penyakit tertentu. Diet disini lebih dititik  beratkan pada menghindari makanan yang menjadi pantangan, agar penyebab kambuhnya penyakit dapat dihindari. Salah satu penyakit yang menyebabkan penderitanya harus melakukan diet adalah diabetes, oleh sebab itu makanan untuk diet diabetes banyak sekali dicari. Baca juga artikel sebelumnya : Makanan yang Baik Untuk Program Diet.
Penderita diabetes memang harus menghindari makanan yang mengandung banyak sekali gula, namun sayangnya tidak semua orang paham dengan kandungan gula pada setiap makanan, dan banyak yang salah dengan mengkonsumsinya, sehingga gula darahnya dapat meningkat secara signifikan.Beberapa makanan untuk diet diabetes yang bisa anda jadikan menu sehat anda sehari-hari adalah sebagai berikut :

1. Brokoli
Bagi penderita diabetes yang sudah lumayan lama mengidapnya, makanan untuk diet diabetes yang sangat  dianjurkan adalah brokoli. Hal ini disebabkan senyawa sulforaphane yang dimilikinya. Senyawa ini berfungsi untuk melindungi bagian dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular yang disebabkan oleh diabetes. Senyawa tersebut juga sangat baik untuk mengontrol kadar dari gula darah yang ada di dalam tubuh anda. selain itu juga sangat berguna untuk mendetok tubuh dari racun, juga meningkatkan  proses produksi enzim yang nantinya akan berguna untuk mencegah munculnya sel kanker yang membahayakan.

2. Coklat Hitam
Bagi anda yang hobi mengkonsumsi coklat makanan untuk diet diabetes yang baik untuk anda konsumsi adalah coklat hitam.Zat yang disebut flavonoid pada coklat hitam akan membuat tubuh anda lebih cepat dalam glukosa yang ada di dalam darah. Juga bagi anda penderita diabetes untuk dianjurkan agar tidak makan terlalu banyak, dengan makan coklat hitam maka akan mengurangi keinginan diri anda untuk terus menerus makan.
Namun anda juga harus mengetahui bahwa tidak semua coklat hitam yang anda temui memiliki kandungan dan khasiat yang sama, jadi tentu saja anda harus menjadi lebih bijak dalam mengkonsumsi coklat.

3. Kacang-kacangan
Jangan lupakan juga kacang-kacangan pada menu makanan untuk diet diabetes. Kacang-kacangan akan sangat membantu anda dalam mengontrol sekaligus menurunkan tingkat glukosa dalam tubuh anda.Jika anda rutin makan kacang-kacangan sebagai makanan untuk diet diabetes anda, maka anda bisa mengontrol gula darah agar tidak meningkat sewaktu-waktu secara drastis.

4. Minum Teh
Tidak hanya memperhatikan makanan untuk diet diabetes, anda juga perlu mengetahui minuman yang baik untuk anda konsumsi, tentu saja selain air putih. Dengan minum teh juga akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh anda. hal ini dikarenakan teh dapat mengoptimalkan kelancaran peredaran darah di dalam tubuh anda. namun tentu saja, anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi teh dengan tambahan gula yang sangat banyak. Akan lebih baik jika anda mengkonsumsi gula khusus bagi penderita penyakit diabetes. Baca juga : Manfaat Teh Hijau untuk Diet.

5. Ubi Jalar
Untuk membantu agar pemrosesan glukosa menjadi lebih optimal, ubi jalar harus anda masukan dalam daftar makanan untuk diet diabetes. Jika dihitung dalam poin, maka akan mempercepat hingga 25 poin.Terdapat juga anti oksidan pada ubi jalar yang akan berfungsi sebagai anti peradangan, tentu saja hal ini akan sangat membantu anda yang mengidap diabetes basah.
Ubi jalar juga bisa anda jadikan makanan untuk diet diabetes pengganti nasi. Seperti yang anda ketahui, bagi penderita diabetes pada keadaan tertentu lebih dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi nasi.  Jika anda sedang tidak mendapatkan ubi jalar, anda juga bisa menggantinya dengan kentang.
Semoga informasi di atas bisa bermanfaat. Dan semoga diet yang anda lakukan berhasil.

Subscribe to receive free email updates: