Menu Diet Sehat

Menu Diet Sehat
Ketika menjalankan program diet, anda harus memperhatikan menu makanan yang anda konsumsi setiap harinya. Karena menu makanan tersebut akan menentukan sukses tidaknya program diet yang anda jalankan. Menu diet sehat perlu anda pilih, karena pada saat melakukan diet anda tentu saja membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang. Jangan beranggapan bahwa saat anda menjalankan diet anda tidak akan makan sama sekali atau menahan lapar seharian, karena anggapan anda itu salah. Sebab saat perut anda dalam keadaan kosong akan membuat menurunnya system metabolism tubuh, yang mengakibatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi tidak optimal.
Selain itu tubuh juga tidak bisa melakukan proses pembakaran lemak, sehingga bukan hanya berat badan anda tidak akan turun, tetapi kesehatan anda juga akan terganggu. Saat melakukan program penurunan berat badan atau diet, anda tetap bisa makan dalam jumlah yang sama atau tiga kali sehari, tetapi yang perlu anda perhatikan adalah anda harus mengurangi porsi makanan menjadi lebih kecil. Serta mengurangi asupan kalori dalam setiap porsinya.Berikut contoh menu diet sehat yang anda jalankan setiap harinya, yaitu:

1. Menu diet sehat untuk pagi hari
Saat anda menjalankan diet, anda tidak boleh meninggalkan sarapan, karena sarapan akan menjadi sumber energy untuk menjalankan aktifitas selama seharian. Menu diet sehat untuk sarapan yang bisa anda konsumsi seperti 2 putih telur atau oatmeal dan segelas susu. Untuk buah, anda bisa mengkonsumsi pisang atau bisa juga 1 buah apel.

2. Cemilan siang hari
Jika anda masih merasa lapar, anda bisa mengkonsumsi cemilan.Pilihlah cemilan yang sehat misalnya kacang almond.Kacang ini baik untuk kesehatan jantung anda dan melawan kolesterol jahat dalam tubuh.Apabila anda tidak menyukai kacang almond, anda bisa juga mengkonsumsi buah-buahan, seperti apel atau bisa juga pisang.Konsumsilah cemilan ini pada jam 10 pagi.

3. Menu diet sehat untuk makan siang
Untuk makan siang anda bisa mulai makan pada jam 12. Menu diet sehat yang bisa anda lakukan ialah dengan mengkonsumsi 4 sendok nasi merah, nasi merah dipilih karena kandungan kalorinya lebih sedikit daripada nasi putih.Sebagai lauknyakonsumsilah dada ayam yang dibakar tanpa kulit, pepes tahu, cah brokoli, dan buah jeruk.Sebaiknya anda tidak meninggalkan melakukan makan siang, karena pada saat makan siang anda akan mendapatkan energy yang cukup untuk melanjutkan aktifitas sampai sore bahkan sampai malam hari.

4. Cemilan sore hari
Untuk sore hari, anda tetap bisa mengkonsumsi cemilan.Cemilan yang bisa anda konsumsi 2 butir telur tapi usahakan hanya putihnya saja, atau anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan seperti apel, jeruk, atau papaya.Mengkonsumsi cemilan pada sore ini sebaiknya pada jam 4 sore.

5. Menu diet sehat untuk makan malam
Saat anda menjalankan diet, sebaiknya makan malam anda lakukan sebelum jam 8. Ini karena makan malam yang dilakukan di atas jam 8 tentu saja tidak baik untuk tubuh anda, juga akan membuat berat badan anda naik. Saat makan malam anda bisa mengkonsumsi sup yang berisi campuran wortel, jamur, brokoli, dan jagung. Atau bisa juga oatmeal, susu skim, atau bisa juga mengkonsumsi buah pisang. Usahakan anda untuk tidak begadang, karena begadang akan membuat perut anda lapar dan makan pada malam hari akan membuat berat badan anda cepat naik.
Itulah contoh menu diet sehat yang bisa anda coba, semoga dengan menu tersebut dapat membuat diet anda menjadi lebih optimal. Baca juga Makanan Yang Baik Untuk Program Diet

Subscribe to receive free email updates: