Inilah Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Pada Musim Pancaroba atau Bediding

Cuaca yang tidak menentu saat ini membuat kita rentan terjangkit penyakit. Karena cuaca sulit ditebak. Pada saat ini kita perlu suatu cara menjaga kesehatan tubuh agar tidak sakit di musim yang tidak bisa diprediksi pada saat ini. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh di musim pancaroba / dalam bahasa jawanya bediding:

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Pada Musim Pancaroba atau Bediding

a. Rajin Mencuci Tangan
Membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan sebelum maupun setelah selesai makan. Setelah itu keringkan tangan dengan handuk kering,karena kuman dan bakteri masih bisa menempel di tangan yang
basah.

b.  Banyak Konsumsi Air Putih
Penuhi kebutuhan air putih harian sebanyak 8 gelas sehari atau 2 liter air.Meminum air putih yang cukup membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Air putih berfungsi untuk melancarkan pencernaan.Air putih mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah tubuh terkena infeksi.

c. Rutin Olahraga
Cara menjaga kesehatan tubuh pada musim pancaroba selanjutnya yaitu dengan rutin berolahraga meskipun hanya 30 menit setiap harinya, kita tidak perlu berolahraga berat, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Lakukan olahraga setidaknya tiga kali seminggu. Contohnya: Dengan melakukan stretching/pemanasan di pagi hari/di sore hari .

d. Mengonsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna
Tubuh yang sehat bisa didapatkan dengan makan-makanan sehat. Banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh,yang didapatkan dari makanan.Antara lain yaitu nasi, sayur, lauk pauk, buah dan susu merupakan formula baku dari 4 sehat 5 sempurna. 4 sehat 5 sempurna merupakan makanan yang mengandung sumber karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serta susu adalah pelengkap yang membantu tubuh tetap kuat dan berenergi.

e.  Jaga Dapur Agar Tetap Bersih
Kebersihan makanan yang disajikan harus selalu diperhatikan karena makanan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kita harus selalu menjaga peralatan masak tetap bersih bebas bakteri, begitu juga dengan perlengkapan makanan. Kita juga bisa menggunakan Sunlight Plus Anti Bakteri untuk menghilangkan noda di piring kotor sekaligus membunuh bakteri yang ada di dalam spons untuk mencuci piring.

f. Cuci Buah, Sayur Dan Bahan Makanan Lainnya
Makanan bermanfaat untuk membentuk sistem kekebalan tubuh sehingga tidak gampang sakit. Makanan seperti buah, sayur, ikan, daging, dan bahan-bahan makanan lainmemiiki kandungan berbagai nutrisinya masing-masin yang dibutuhkan oleh tubuh. Teman-teman tidak berbagai bahan makanan tersebut menjamin sepenuhnya bersih untuk langsung dikonsumsi. Sebaiknya untuk selalu mencuci bersih buah, sayur, dan bahan makanan lainnya sampai bersih hingga pestisida yang masih menempel atau bakteri yang ada di bahan makanan tersebut hilang.

g. Rutin Bersihkan Rumah
Banyak perabotan di rumah dapat menyimpan banyak debu, bakteri dan kuman yang bisa membuat Anda dan keluarga menjadi lebih mudah sakit di musim pancaroba. Maka karenanya, jangan lupa untuk selalu membersihkan rumah, karpet, lantai dan di perabotan.

h.  Tidur Pada Waktu Yang Tepat
Suatu kebiasaan buruk yang sering dilakukan banyak orang adalah begadang,lembur mengerjakan tugas sekolah/kuliah sering dilakukan pada malam hari. Namun hal itu tidak baik untuk dilakukan,karena begadang membuat kondisi tubuh lemah keesokan harinya. Begadang dapat menyebabkan masalah dan penyakit pada tubuh. Seperti, masalah berat badan, melemahnya sistem ketahanan tubuh sehingga rentan terhadap penyakit, penyakit jantung, diabetes, stroke,dll.

i. Istirahat Yang Cukup
Refreshing juga penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan jauh dari penyakit. Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang tidur 8 jam sehari memiliki tubuh yang lebih sehat ketimbang mereka yang tidur kurang dari pikiran dan jiwa segar bisa membantu mereka tidak cepat lelah beraktivitas setiap harinya. Maka dari itu kita harus bisa menjaga kesehatan tubuh supaya tubuh kita tetap sehat jasmani dan rohaninya,karena banyak yang mengatakan sehat itu mahal. Silahkan cara menjaga kesehatan tubuh pada musim pancaroba diatas dapat anda terapkan ya

Subscribe to receive free email updates: