Pilihan Makanan dan Minuman untuk Sahur agar Kuat Berpuasa

Menjaga asupan makanan selama berpuasa begitu penting agar tubuh bugar serta kuat dalam menjalani ibadah puasa. Contohnya, saat sahur Anda bisa mengkonsumsi minuman dan makanan yang kaya kandungan serat, vitamin serta protein yang baik untuk kesehatan, sehingga puasa 1 bulan menjadi lancar. Namun, apakah makanan dan minuman untuk sahur yang tepat agar tetap kuat berpuasa?

Pilihan Makanan dan Minuman untuk Sahur agar Kuat Berpuasa

Makanan Ketika Sahur

Berikut beberapa pilihan makanan sahur agar kuat puasa, antara lain:

1. Biji-bijian
Biji-bijian sangat tepat dijadikan sebagai menu sahur, contoh biji-bijian ini seperti kacang polong, kacang kedelai, dan kacang almond. Kacang kedelai juga dapat dijadikan sebagai minuman sahur. Walaupun hanya mengkonsumsi biji-bijian, namun makanan ini mengenyangkan karena memiliki kandungan mineral, vitamin, protein serta lemak.

2. Telur rebus serta orak-arik
Jika berbicara mengenai makanan sahur, sepertinya kurang lengkap bila tidak mengikutkan telur sebagai pilihannya. Telur mempunyai kandungan nutrisi protein, serta vitamin yang tinggi. Kandungan ini begitu bagus untuk kesehatan tubuh. Namun, walaupun telur sangat baik untuk kesehatan, batasi jumlah telur yang Anda konsumsi. Mengkonsumsi telur dalam jumlah banyak bisa menyebabkan darah tinggi, selain itu setelah mengkonsumsi telur, konsumsi air dalam jumlah yang banyak.

3. Sayur dan buah
Selama berpuasa, air di dalam tubuh akan berkurang, agar mengembalikan kadar air di dalam tubuh, lebih baik mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan banyak air seperti semangka, apel, bayam, stroberi, brokoli, buah naga serta tomat. Tak hanya mengandung air, buah dan sayur ini memiliki kandungan yang kaya serat, mineral serta antioksidan agar memperlambat proses penuaan dini serta menghantam sel jahat ke dalam tubuh.

4. Makanan yang diolah dengan cara direbus
Rasa makanan yang dimasak dengan cara digoreng memang begitu lezat. Sayangnya, berbagai gorengan kurang bagus untuk kesehatan karena memicu terjadinya kolesterol. Lebih baik rubah cara pemasakan makanan, seperti dengan merebus makanan. Beberapa makanan yang cocok dikonsumsi dengan cara direbus seperti brokoli, ikan salmon, wortel rebus, dan kentang.

5. Bubur ayam
Bila Anda kurang menyukai mengkonsumsi nasi saat pagi hari, Anda dapat mengganti nasi dengan bubur ayam. Lumatkan nasi campurkan dengan suwiran daging ayam dan wortel. Jika Anda ingin lebih praktis, beli bubur instant dalam kemasan.

6. Beras merah
Makanan sahur agar kuat puasa berikutnya adalah beras merah. Beras merah memiliki kandungan karbo kompleks. Karbo kompleks merupakan karbo yang memiliki struktur kimia yang cukup rumit, sehingga penyerapannya memerlukan waktu yang lebih lama dibanding dengan karbo biasa.

7. Daging merah
Makanan yang memiliki protein tinggi yang berikutnya adalah daging merah. Makanan ini cocok dikonsumsi saat sahur karena protein akan menghasilkan energi dalam proses metabolisme.

Minuman untuk Sahur

Berikut beberapa minuman untuk sahur yang dapat dijadikan pilihan, seperti:

1. Air hangat
Saat sahur, biasanya cuaca dingin akan sangat terasa, untuk menghangatkan tubuh, Anda bisa mengkonsumsi air hangat ketika sahur.

2. Susu segar
Segelas susu segar ketika sahur begitu disarankan agar tubuh kuat sampai sore hari nanti. Sebenarnya, tak hanya susu sapi yang dapat dijadikan pilihan, Anda dapat memilih susu kedelai dan susu kambing. Dengan segelas susu saat sahur, kebutuhan kalsium akan terpenuhi.

3. Jahe hangat
Jahe hangat adalah rempah-rempah yang berasal dari Indonesia. Memiliki harga murah serta mudah ditemukan, jahe dapat diolah menjadi minuman yang sehat.

Semoga informasi berbagai makanan dan minuman untuk sahur di atas dapat bermanfaat bagi Anda

Subscribe to receive free email updates: