Sarapan Sehat untuk Diet Agar Tetap Bertenaga dan Tidak Mengganggu Aktivitas

Sarapan Sehat untuk Diet
Makan dipagi hari atau biasa kita sebut dengan sarapan itu juga sangat penting. Karena untuk mengawali aktivitas sehari-hari kita harus pintar dalam memilih menu agar asupan gizi dan tenaga yang kita butuhkan dapat terpenuhi, selain itu memilih menu sarapan yang tepat agar tidak mengganggu program diet kita, karena sarapan yang tepat juga bisa membantu kita menurunkan berat badan. Oleh sebab itu, saya akan membahas mengenai sarapan sehat untuk diet, mari kita simak.

1. Pilih menu makanan lengkap dan seimbang yang banyak mengandung karbohidrat, protein dan lemak sehat. Karbohidrat merupakan sumber energi kita melkukan aktivitas sedangkan protein dan lemak dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Salah satu makanannya yaitu gandum dan hindari makanan yang mengandung lemak jenuh atau gorengan.

2. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam, baik dari makanan kemasan ataupun makanan beku. Anda harus bisa memastikan kadar garam tiap makanan yang Anda makan tidak lebih dari 500 mg. Konsumsi makanan dengan kadar garam berkebihan dapat menyebabkan rasa kembung pada perut saat bangun tidur, selain itu juga tidak baik untuk kesehatan karena dapat memicu tekanan darah tinggi.

3. Kebanyakan sereal yang dijual di pasaran mengandung gula yang lebih banyak daripada serat. Ada baiknya jika dalam memilih sereal untuk sarapan pagi, perhatikan kandungan nutrisi didalamnya, kadar serat, lemak dan gulanya. Pilihlah sereal dengan kadar gula rendah dan mengandung 3 gr serat untuk setiap kali penyajian. Karena target konsumsi serat Anda sebanyak 6 gr setiap pagi. Sereal juga merupakan salah satu sarapan sehat untuk diet agar tetap bertenaga saat beraktivitas.

4. Sediakan juga kacang dan kismis di dapur Anda. Keduanya dapat membuat menu sarapan menjadi lebih sehat dan membuat kita kenyang lebih lama. Kacang tidak hanya bisa dibuat sebagai makanan ringan saja, tapi juga sebagai menu sarapan yang baik bagi tubuh karena mengandung lemak tak jenuh. Banyak konsumsi kismis juga bisa mengganti peran buah-buahan segar. Konsumsi sedikit lemak dapat membantu penyerapan nutrisi menjadi lebih optimal di pagi hari.

5. Jika benar-benar sibuk hingga tak sempat sarapan atau makan pagi, maka jus buah adalah pilihan yang tepat dan cukup praktis untuk Anda. Cukup sediakan buah-buahan segar di rumah dan buatlah jus sendiri sesuai selera anda, bahkan anda bisa membawanya ketempat kerja. Lebih baik jika saat membuat jus, tidak perlu menambah gula ataupun susu. Anda juga harus memastikaan saat membeli jus, jus yang anda beli tidak dalam kemasan, bebas pewarna, pemanis buatan dan pengawet.

Demikianlah pembahasan mengenai sarapan sehat untuk diet agar aktivitas kita tidak terganggu. Selain pola makan yang harus teratur, kita harus pandai memilih menu makanan yang tepat saat diet. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.
loading...

Subscribe to receive free email updates: