Ingin paru-parumu sehat? Konsumsilah 6 Makanan ini

Ingin paru-parumu sehat? Konsumsilah 6 Makanan ini
Paru-paru merupakan organ tubuh yang sangat penting yang membantu manusia agar tetap hidup dengan cara bernafas. Munculnya masalah pada paru-paru akan menyebabkan terjadinya gangguan pernafasan yang dapat berujung pada kematian.
Seperti yang kamu ketahui udara kita saat ini sudah tidak bersih lagi, berbagai mikroba dan polutan sudah mencemari udara yang biasa kita hirup setiap hari. Salah satu fungsi paru-paru adalah menyaring dan menetralisir berbagai zat beracun yang masuk kedalam tubuh melalui udara. Itulah sebabnya menjaga kesehatan paru-paru sangat penting agar organ tubuh ini dapat berfungsi dengan baik.
Kamu dapat menggunakan masker dan menghirup usdara yang bersih sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan paru-paru. Namun tidak cukup dengan itu saja, sebaiknya kamu juga mengkonsumsi beberapa makanan sehat untuk menjaga kesehatan paru-paru seperti yang telah kami rangkum dibawah ini.

Sayuran hijau

Sayuran khususnya yang memiliki daun berwarna hijau seperti kubis, kembang kol, brokoli, kale dan lainnya ternyata sangat bagus untuk menjaga kesehatan paru-paru. Seperti yang kamu ketahui bahwa sayuran hijau mengandung klorofil yang dapat membersihkan darah dan meningkatkan produksi antioksidan. Resiko terkenan kanker paru-parupun dapat diturunkan dengan mengkinsumsi sayuran hijau secara teratur.

Apel

Kandungan vitamin C, E dan flavonoid yang terdapat pada apel dapat menyehatkan dan meningkatkan fungsi paru-paru. Konsumsilah apel beberapa kali setiap minggu agar paru-parumu lebih sehat. Hal ini pernah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi apel secara rutin memiliki paru-paru yang lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Air

Mengkonsumsi lebih banyak air teryata sangat bagus untuk menjaga kesehatan paru-paru. Aliran darah yang keluar masuk paru-paru menjadi lebih lancar sehingga lendir yang terbentuk pada paru-parupun akan hilang. Selain itu, mengkonsumsi lebih banyak air dapat mencegah terjadinya dehidrasi pada paru-paru. Jika terjadi dehidrasi maka paru-paru akan menjadi kering dan lebih rentan terkena iritasi

Lemak ikan

Selain bermanfaat bagi kecerdasan dan fungsi otak, ternyata mengkonsumsi lemak ikan juga dapat menjaga kesehatan paru-paru. Kandungan omega-3 yang terdapat pada lemak ikan merupakan salah satu nutrisi penting yang sangat diperlukan paru-paru agar dapat bekerja secara optimal.
Kacang-kacangan
Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang buncis ataupun biji-bijian yang lain ternyata mengandung magnesium yang cukup tinggi yang sangat dibutuhkan oleh paru-paru agar dapat berfungsi dengan baik. Selain dapat menjaga kesehatan paru-paru, mengkonsumsi kacang-kacangan juga dapat menjaga kesehatan jantung jika dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan.

Wortel

Seperti yang kamu ketahui, wortel mengandung vitamin A yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Tapi tahuka kamu jika ternyata wortel juga bermanfaat bagi kesehatan paru-paru? Menurut penelitian, mengkonsumsi wortel secara teratur dapat membantu mencegah munculnya kanker paru-paru.

Nah, jika kamu ingin paru-parumu tetap sehat dan berfungsi dengan baik, konsumsilah 6 makanan yang telah disebutkan diatas secara teratur. Jika kamu punya pengalaman menarik ketika mengkonsumsisalah satu dari 6 makanan diatas silakan berbagi dengan menulisnya di kolom komentar dibawah ini.

Subscribe to receive free email updates: