5 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

5 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami
Mengkonsumsi makanan lezat seperti pizza, martabak manis, fred chicken memang sangat memanjakan lidah kita. Namun tahukah kamu bahwa mengkonsumsi makanan-makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula dalam darah? Kita sering tidak berpikir panjang ketika dihadapkan pada makanan yang lezat serta menggugah selera. Meningkatnya gula darah tentu saja dapat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh terutama jika kamu memiliki riwayat penyakit diabetes.
Nah, jika kamu termasuk penderita diabetes dan ingin menurunkan gula darah secara alami, berikut ada 5 cara yang dapat kamu lakukan dengan mudah.

Jangan lewatkan jam makan

Sangat penting bagi penderita diabetes untuk makan tepat waktu, jangan pernah melewatkan jam makan. Sebab ketika kamu melewatkan jam maka kandungan gula dalam darah akan meningkat. Hal in terjadi karena tubuh akan melepaskan lebih banyak glukosa dari hati yang digunakan sebagai bahan bakar pengganti ketika kamu merasa kelaparan. Jika proses ini berjalan secara terus menerus maka gula darahmu akan melonjak cukup tinggi.
Konsumsi karbohidrat sehat
Hindari konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti tawar putih. Karbohidrat kompleks dapat mengganggu serta memperlambat proses penyerapan glukosa dalam tubuh. Jadi pilihlah dengan hanya mengkonsumsi karbohidrat sehat saja agar kandungan gula darah dapat stabil.

Konsumsi kayu manis

Seperti yang kamu ketahui, menambahkan kayu manis pada masakan atau minuman seperti teh, kopi dapat memberikan rasa khas pada makanan dan minumanmu. Selain itu ternyata dengan menambahkan kayu manis pada makanan dan minuman dapat membantu menurunkan gula darah. Hal ini sudah dibuktikan pada sebuah penelitian dimana mereka yang mengkonsumsi kayu manis secara rutin mengalami penurunan gula darah sebanyak 18-29%.

Tidur cukup

Orang dewasa rerata membutuhkan tidur selama 8 jam sehari. Menurut penelitian jika kurang dari itu maka berpotensi meningkatkan gula darah dalam tubuh. Oleh sebab itu jika kamu ingin menurunkan gula darahmu sebaiknya pastikan tidur 8 jam setiap malam.
Makan kacang-kacangan
Kacang-kacangan termasuk makanan yang mengandung serat cukup tinggi yang membutuhkan waktu lebih lama saat dicerna oleh tubuh. Ini berarti untuk melepaskan glukosa yang dikandungnya juga membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain mengandung serat yang cukup tinggi, kacang-kacangan juga mengandung lemak tak jenuh yang dapat menjaga gula darah agar tidak meningkat..

Itulah 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan gula darah dengan mudah. Karena berbahan alami maka cara ini dipercaya lebih sehat daripada mengkonsumsi obat-obatan penurun gula darah yang memiliki efek negatif bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam waktu lama.

Subscribe to receive free email updates: