Tips Membangun Komunikasi Keluarga yang Efektif

Tips Membangun Komunikasi Keluarga yang Efektif
Komunikasi adalah hal penting yang harus diperhatikan setiap pasangan dan keluarga, oleh sebab itu IDS kali ini akan membahas tentang tips membangun komunikasi keluarga yang efektif. Komunikasi antar anggota keluarga yang tidak efektif seringkali menjadi suatu awal permasalahan hubungan antar personal keluarga. Antara suami dan istri, ibu dan anak, ayah dan anak dan seterusnya. Perlu adanya pengetahuan mengenai tips membangun komunikasi keluarga yang efektif dengan pemahaman yang benar, sehingga akan terciptalah suatu hubungan yang harmonis antar personal anggota keluarga. Hubungan yang harmonis merupakan awal dari cikal bakal keluarga yang bahagia. Sebab pada kenyataannya, begitu banyak masalah yang muncul dalam suatu keluarga berawal dari komunikasi yang tidak efektif antar sesama anggota keluarga itu sendiri.

Bagaimana tips membangun komunikasi keluarga yang efektif ?. Berikut ini beberapa diantara cara dan tips yang bisa Anda lakukan:
1. Sediakan waktu untuk keluarga.
Komunikasi yang jarang antar personal sebenarnya karena waktu kita yang sering habis di luar rumah untuk menjalankan aktivitas. Buat jadwal rutin kapan Anda harus di rumah untuk bersantai dan berbincang bersama keluarga, misalnya hari libur atau waktu khusus dalam sehari yang Anda sediakan untuk hal tersebut.
2. Membuat sebuah momen seperti liburan ke suatu tempat.
Jalan-jalan kuliner bersama keluarga atau pun pergi menonton bersama menjadikan keakraban sesama anggota keluarga lebih terjaga. Mungkin pada saat-saat inilah masing-masing personal keluarga akan mengungkapkan uneg-unegnya.
3. Membuat agenda ibadah bersama.
Misalnya dengan shalat berjamaah, pergi pengajian bersama dan sejenisnya. Aktivitas ibadah akan bisa menyejukkan dan menenangkan hati masing-masing anggota keluarga, terlebih jika dilakukan secara bersama-sama secara lebih khusyuk.
4. Jangan mudah tersinggung.
Kalau mendengarkan masukan dan kritikan dari masing-masing personal, termasuk orang tua yang mendapatkan masukan dari anak. Anak pun harus membuka diri mendengarkan nasehat yang benar dari orang tua.
5. Apabila di dalam rumah Anda ada anggota keluarga yang lain.
Misalnya jika ada paman, pembantu, sepupu dan sebagainya, perlakukan mereka seperti keluarga sendiri sesuai dengan peraturan yang ada di rumah Anda. Sebelum mereka menetap, sebaiknya Anda memberikan penjelasan mengenai etika dan aturan di rumah Anda.

Itulah beberapa hal tentang tips membangun komunikasi keluarga yang efektif semoga bisa membantu Anda membangun komunikasi personal yang harmonis. Semoga keluarga anda senantiasa selalu harmonis dalam komunikasi yang nyaman dan baik di semua anggota keluarga.

Subscribe to receive free email updates: