Manfaat Alpukat Untuk Bayi

Manfaat Alpukat Untuk Bayi
Hai bunda tahukah anda tentang manfaat alpukat untuk bayi?, bahwa sebagai makanan pengganti ASI untuk yang pertama, tak ada salahnya untuk memperkenalkan buah alpukat sebagai lemak baik karena selain kandungan nutrisinya yang tinggi, tekstur lembut yang dimilikinya membuat mudah pula untuk dicerna olehbuah hati anda. Alpukat banyak mengandung nutrisi yang memiliki manfaat kesehatan bayi, diantaranya adalah 8% folat per hari; 4% serat dan potasium; 2% zat besi; dan 4% vitamin E.

Dalam alpukat juga terdapat lemak tak jenuh sebanyak 3,5 gram. Lemak ini memiliki peran dalam membentuk otak dan sistem kerja saraf pusat Sejak usia 6 bulan alpukat sudah bisa diperkenalkan kepada bayi anda. Sebagian orang menghindari alpukat karena lemaknya yang tinggi. Namun kandungan kalorinya jauh lebih besar sehingga manfaat si alpukat ini jauh lebih besar dibandingkan resiko nya. Tahukah anda bahwa di dalam satu buah alpukat berukuran sedang terkandung  kira-kira 322 kalori dan 30 gram lemak sedangkan 1 gelas pure alpukat mengandung kalori yang lebih banyak yaitu sekitar 700 kalori karena biasanya dibutuhkan lebih dari satu alpukat.
Walaupun terdapat kandungan lemak namun, bayi anda  juga tidak seharusnya menerima asupan yang rendah akan lemak. Pilihlah buah alpukat yang terbaik untuk buah hati anda. Caranya pilihlah buah alpukat dengan kulit berwarna hijau tua. Pastikan permukaannya tidak rata. Ketika ditekan, buah yang bagus akan terasa kenyal ketika ditekan.. Ketika dibelah dua, maka alpukat yang baik akan memiliki warna daging yang hijau dan berubah menjadi seperti warna kuning mentega dan semakin ke arah bijinya.
Sebaiknya anda mengolahnya tanpa dimasak terlebih dahulu. Cukup keruk bagian daging buahnya hingga menjadi potongan kecil-kecil. Dalam potongan-potongan kecil seperti itu anda bisa menimpannya di dalam freezer, ketika akan diberikan pada bayi anda, baru dilumatkan.
Dengan cara seperti itu si alpukat tidak akan mudah berubah warna menjadi coklat.

Anda juga bisa memvariasi alpukat dengan campuran buah pir, pisang, bahkan yoghurt sebagai makanan selingan agar si kecil tidak merasa bosan. Untuk melumatkan alpukat, menggunakan garpu saja cukup. Tidak perlu menggunakan blender kecuali apabila anda ingin membuat krim atau pure. Itulah beberapa kandungan dan manfaat alpukat untuk bayi semoga menginspirasi ya

Subscribe to receive free email updates: