Dampak Buruk HP bagi Kesehatan

Dampak Buruk HP bagi Kesehatan
HP (handphone) atau ponsel merupakan alat komunikasi paling populer modern ini. Hampir semua orang di dunia memiliki HP. Bahkan tidak sedikit orang yang memiliki lebih dari satu gadget tersebut. Sayangnya, ternyata ada banyak sekali dampak buruk HP bagi kesehatan yang jarang diketahui. Beberapa di antaranya bisa Anda pelajari pada daftar berikut ini.

1. Menghambat tidur
Chatting atau berbalas SMS, menonton video, ataupun mendengarkan musik dari HP bisa membuat Anda lupa waktu, sehingga tidur menjadi kurang. Selain itu, cahaya pada ponsel juga dapat mempengaruhi ritme dari sirkandian tubuh, sehingga membuat tubuh memproduksi hormon yang berpengaruh pada kewaspadaan atau keterjagaan. Efek getaran dan nada dering dari HP juga bisa membuat Anda terbangun dari tidur.

2. Memunculkan masalah jantung
HP juga dapat mengeluarkan radiasi yang salah satu akibatnya adalah terganggunya kesehatan jantung. Energi elektromagnetik yang dikeluarkan oleh HP bisa menyebabkan oksidasi dan melemahnya membran sel. Radiasi tersebut juga dapat menyebabkan penyimpangan jantung. Hal tersebut diperkuatkan oleh sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan oleh European Journal of Oncology. Studi lainnya pada tahun 2013 oleh American Sosciety of Hypertension menyebutkan bahwa penggunaan HP dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan stres
Sering mengecek notifikasi HP, mendengarkan nada dering secara insten, juga efek dari getaran dan nada pengingat dapat menyebabkan stres. Hal ini berdasarkan pada studi tahun 2011 yang diterbitkan oleh BMC Public Health. Bahkan efeknya dapat menyebabkan depresi. Penggunaan handphone juga dapat meningkatkan risiko masalah mental bagi orang-orang dewasa.

4. Mengganggu organ pendengaran
Radiasi yang terpancar dari HP juga dipercaya dapat merusak jaringan halus yang terdapat pada telinga bagian dalam, sehingga bukan tidak mungkin bisa menyebabkan masalah pendengaran. Biasanya terganggunya pendengaran akibat HP akan terlihat dari gejala-gejala yang menyertainya, seperti telinga berdenging atau tinnitus, telinga menghangat, dan terasa penuh.

5. Meningkatkan risiko kanker otak
Dampak buruk HP bagi kesehatan lainnya yaitu kemungkinannya untuk merusak jaringan otak, sehingga menyebabkan kanker. Radiasi pada HP bukan saja dapat merusak jaringan pada telinga ataupun menyebabkan stres, namun juga dapat memicu memanasnya jaringan otak, sehingga risiko kanker otak lebih tinggi. Menurut studi tahun 2013 yang diterbitkan oleh International Journal of Oncology disebutkan bahwa ada hubungan antara HP mobile dan nirkabel dengan munculnya tumor otak ganas.

6. Meningkatkan risiko terkena infeksi
Dampak buruk HP bagi kesehatan yang terkakhir adalah adanya kemungkinan terkena infeksi. Menurut studi tahun 2011 oleh London School of Hygiene & Tropical Medicine dan Queen Mary di University of London menyebutkan bahwa dari sekitar 400 ponsel, 92 persen di antaranya mengandung bakteri. Oleh sebab itu, sangat mungkin bagi HP Anda menyalurkan atau mentransmisi bakteri ke tangan, pipi, telinga, atau bagian tubuh lainnya yang bersentuhan dengan HP tersebut.

Subscribe to receive free email updates: