Manfaat Pemanasan sebelum Berolahraga

Manfaat Pemanasan sebelum Berolahraga
Dalam dunia olahraga, dikenal pra-latihan yang diisi dengan sesi pemanasan. Sebagian orang menganggap bahwa pemanasan hanyalah cara untuk mempersiapkan mental sebelum berolaharaga. Padahal, ada banyak manfaat pemanasan sebelum olahraga yang penting untuk diketahui. Oleh sebab itu, tidak salah bagi Anda untuk melakukannya secara rutin sebelum masuk ke sesi latihan. Untuk lebih membuat semangat, tidak ada salahnya bagi Anda mengetahui manfaat-manfaat pemanasan pada pembahasan di bawah ini.

1. Mendorong aliran darah ke otot
Salah satu manfaat dari pemanasan adalah meningkatkan aliran darah ke otot, sehigga memastikan bahwa otot cukup unuk bisa berolahraga, cukup hangat, lebih elastis, dan ternutrisi serta berenergi. Ini penting agar saat latihan otot bisa bertahan dengan baik. Aliran darah yang lancar juga berarti sirkulasi yang sehat, sehingga otot-otot dan sendi bisa bergerak lebih mudah.

2. Meningkatkan suhu tubuh
Sesi pemanasan juga berfungsi penting dalam meningkatkan suhu tubuh. Karena suhu yang meningkat bisa membuat tubuh memproduksi hemoglobin dan myoglobin lebih efektif. Kedua senyawa tersebut merupakan protein yang bertanggung jawab dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Sedangkan kita harus ketahui bersama, oksigen berperan dalam proses pembuangan racun dalam tubuh, sekaligus peningkatan efektifitas saat olahraga.

3. Meningkatkan sensitivitas saraf
Manfaat pemanasan sebelum berolahraga selanjutnya adalah meningkatkan sensitivitas saraf. Dengan pemanasan, keterampilan motorik akan meningkat, sehingga memungkinkan adanya koordinasi yang baik antara tubuh dan otak. Selain itu, pemanasan juga berhubungan dengan peningkatan jumlah impuls saraf.

4. Meningkatkan kinerja tubuh
Menurut sebuah studi pada tahun 2010 yang diterbitkan oleh Journal of Strength and Conditioning Research, disebutkan bila pemanasan sebelum melakukan olahraga dapat secara signifikan meningkatkan kinerja dari tubuh. Pada studi yang sama disebutkan pula bila sedikit atau bahkan tidak ada bukti nyata yang menunjukkan bahwa pemanasan berbahaya bagi tubuh.

5. Secara signifikan mengurangi kemungkinan cedera
Studi pada tahun 2007 yang diterbitkan oleh Sport Medicine menyatakan bila peregangan serta berbagai latihan pemanasan sebelum olahraga dapat secara signifikan mencegah cedera. Dalam sesi olahraga, misalnya saja angkat beban, tubuh Anda memerlukan semacam cairan untuk melumasi antar otot yang saling bersentuhan. Saat Anda mengangkat beban, otot-otot akan diperketat, guna mendapatkan kekuatan yang cukup. Saat proses pengetatan tersebut otot-otot akan saling bersentuhan atau satu berada di atas yang lain. Untuk mencegah terjadinya robekan selama kontraksi dan relaksasi tersebut, dibutuhkan pelumas. Di sini, pemanasan dapat berfungsi dengan efektif mengeluarkan cairan yang cukup untuk melindungi otot saat melakukan olahraga-olahraga berat.

6. Mempersiapkan kekuatan jantung
Bila Anda langsung masuk ke latihan yang utama, jantung bisa jadi akan tegang karena organ tersebut tiba-tiba dipaksa bekerja keras. Namun, bila sebelum olahraga yang utama kita melakukan pemanasan terlebih dahulu, jantung akan dapat melakukan adaptasi dan persiapan yang cukup dalam menghadapi olahraga yang lebih berat. Yuk hidup sehat dengan berolahraga yang benar, semoga info kami bermanfaat.
loading...

Subscribe to receive free email updates: