Alasan Mengapa Bayi Menangis

Alasan Mengapa Bayi Menangis
Banyak sekali orang menafsirkan kalau bayi setelah lahir menangis berarti bayi tersebut sehat secara fisik, oleh sebab itu kami di artikel ini akan membahas alasan mengapa bayi menangis. Bayi belum dapat berkomunikasi, oleh karena itu satu-satunya cara untuk berkomunikasi bagi bayi adalah menangis. Menangis merupakan suatu tanda bahwa bayi aktif dan sehat. Nah bunda, ada baiknya apabila bunda memahami faktor-faktor penyebab bayi menangis karena menangis juga dapat menjadi pertanda bahwa bayi merasa kurang nyaman.

Inilah beberapa alasan mengapa bayi menangis adalah sebagai berikut :
1. Bayi ingin tidur
Pada saat bulan-bulan pertama, bayi akan membutuhkan waktu tidur yang lebih lama. Apabila mereka terbangun dan rewel cobalah untuk menggendongnya, lalu ayun perlahan agar ia tidur kembali.
2. Tumbuh gigi   
Biasanya, gigi pertama pada bayi akan tumbuh antara 4 dan 7 bulan, namun bisa juga terjadi sebelumnya. Hal ini akan menyakitkan ketika gigi baru tumbuh pada gusi muda. Namun, bunda tak perlu khawatir, banyak-banyaklah mencari tahu tentang tumbuh gigi dan bagaimana cara untuk menghilangkan rasa sakitnya. Biasanya tangisan bayi karena gigi yang tumbuh  terjadi pada sore hari.
3. Merasa tidak nyaman
Bayi dapat menangis karena jarinya tertekuk, kedinginan, gerah, atau popoknya basah. Periksalah popoknya dan gantilah dengan popok yang bersih dan kering. Dan jangan lupa bunda untuk mengecek apakah bayi anda mengalami ruam popok.
4. Merasa lapar
Lapar merupakan salah satu alasan mengapa bayi menangis. Cobalah untuk memberinya ASI bunda. Apabila bayi menangis pada saat diberi ASI, cobalah cek apakah bibir atasnya menutupi hidungnya. Hal ini membuatnya sulit bernafas.
5. Ingin digendong
Bayi memiliki naluri untuk dipeluk oleh orang tuanya. Menangis menjadi cara mereka untuk meminta dipeluk dengan erat. Jangan takut bunda untuk menggendong mereka, lakukan dengan perlahan. Memeluk dan menggendong juga dapat meningkatkan keakraban bunda dan buah hati kan? Jika masih takut tidak ada salahnya untuk memakai carrier depan atau gendongan .
6. Merasa Tidak Enak Badan
Apabila bunda telah mengamati tanda-tanda diatas namun, bayi masih rewel dan menangis bisa  jadi sakit merupakan alasannya. Jangan ragu untuk segera membawanya ke rumah sakit untuk memeriksa keadaannya.

Itulah beberapa alasan mengapa bayi menagis, sebagai seorang ibu anda dituntut harus benar-benar peka terhadapat kemauan si bayi ketika dia sedang menangis sebab dia hanya bisa tidur dan menagis. Semoga artikel kami dapat menambah pengetahuan anda ya. Sebaiknya anda baca juga : Cara Agar Bayi Bisa Tidur
loading...

Subscribe to receive free email updates: