Keuntungan Menyusui untuk Ibu dan Bayi

loading...
loading...
Keuntungan Menyusui untuk Ibu dan Bayi
Mau tau apa saja keuntungan menyusui untuk ibu dan bayi ? Walaupun menyusui bayi secara eksklusif jelas memiliki banyak keuntungan untuk kesehatan ibu dan anak, banyak wanita masa kini yang memilih tidak menyusui bayinya dengan berbagai alasan. Bahkan wanita yang menyusui bayinya sendiri saja belum tentu bisa menjelaskan mengapa menyusui bayi memiliki manfaat ekstra ketimbang memberi bayi susu bubuk atau susu sapi. Kita mungkin sudah tahu bahwa menyusui bayi secara eksklusif akan membuat bayi memiliki daya tahan tubuh yang lebih tinggi serta memiliki resiko lebih rendah untuk terserang alergi serta asma. Tetapi apakah hanya itu saja? Dengan mengecualikan mereka yang memang tidak mungkin menyusui bayinya karena alasan kesehatan, berikut beberapa alasan mengapa menyusui bayi baik bagi kesehatan sang ibu dan juga anak.

Pertama-tama, wanita yang menyusui bayi secara eksklusif cenderung memiliki anak yang memiliki tingkat kesehatan lebih tinggi serta tidak mudah mengalami obesitas dini. Karena air susu ibu sudah mengandung semua jenis nutrisi yang dibutuhkan bayi di masa awal pertumbuhannya, si ibu tidak perlu khawatir bayinya mengonsumsi kalori dan gula berlebih seperti yang terkandung dalam susu formula.  Saat ini, banyak produk susu formula yang dikritik karena mengandung lebih banyak gula dan kalori daripada yang dibutuhkan bayi, sehingga menyusui sendiri jelas lebih aman. Mengonsumsi air susu ibu juga tidak akan menimbulkan reaksi alergi laktosa, seperti yang mungkin terjadi bila bayi diberi minum susu sapi.

Wanita yang menyusui bayi sendiri juga cenderung mengalami masalah kesehatan pasca melahirkan yang lebih rendah. Hal ini karena kegiatan menyusui merangsang keluarnya hormon oksitosin, yaitu hormon yang biasanya dikaitkan dengan perasaan senang serta kepuasan secara emosional, yang lebih lanjut juga membantu mengurangi resiko pendarahan serta mempercepat proses penyembuhan. Keuntungan lain daripada menyusui sendiri adalah ukuran rahim sang ibu dapat menyusut lebih cepat, serta mengurangi resiko tubuh ‘melar’ karena kegiatan menyusui menghabiskan cukup banyak kalori. Jadi, mengingat manfaatnya bagi kesehatan ibu dan anak, tidak ada alasan bagi wanita yang baru melahirkan untuk tidak menyusui bayi sendiri. Itulah beberapa keuntungan menyusui untuk ibu dan bayi yang perlu anda ketahui semoga bermanfaat ya
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keuntungan Menyusui untuk Ibu dan Bayi"

Post a Comment