Tanda-tanda Keguguran yang Patut Diwaspadai

tanda-tanda keguguran yang patut di waspadai
Bunda wajib tau nih sebenarnya apa saja sih tanda-tanda keguguran yang patut di waspadai?. Kehamilan yang sehat merupakan dambaan semua calon ibu, dan wanita yang sedang mengandung biasanya akan melakukan berbagai cara agar kesehatan bayi dan dirinya sendiri terjaga sekalipun harus melakukan kebiasaan sehat yang sebelumnya jarang dilakukan. Akan tetapi, kehamilan tidak selalu berjalan mulus; banyak wanita yang merasa baik-baik saja saat hamil ternyata di kemudian hari mengalami keguguran. Sayangnya, tanda-tanda keguguran terkadang tidak selalu menyolok, sehingga banyak wanita yang terlambat mengetahui bahwa mereka telah keguguran. Hal ini bukan saja menyakitkan, namun juga bisa membahayakan kesehatan bila tidak segera ditangani. Oleh sebab itu selalu jaga kondisi terutama makanan, baca juga : Zat Gizi yang Penting Untuk Wanita Hamil.

Bila anda seorang wanita hamil, anda sebaiknya mewaspadai beberapa tanda di bawah ini, karena mereka bisa saja menandakan bayi anda keguguran dan akan membahayakan kesehatan anda sendiri bila tidak ditangani:
1. Pendarahan pada organ vital. Waspadalah bila anda mengalaminya, walau terkadang hal ini juga muncul pada wanita hamil yang tidak mengalami keguguran, misalnya karena terjadinya iritasi pada mulut rahim.
2. Sakit perut yang muncul mendadak bisa jadi merupakan pertanda kehamilan di luar rahim, yang merupakan kondisi berbahaya. Akan tetapi, perhatikan juga lokasinya. Sakit di daerah tengah perut yang mirip dengan sakit menstruasi biasanya cukup normal, tetapi sakit perut yang luar biasa di daerah sisi perut yang terjadi pada masa awal kehamilan harus dicurigai.
3. Gejala-gejala menjelang melahirkan yang muncul terlalu awal, biasanya di antara trimester ketiga. Bila anda merasa gejala-gejala seperti pecahnya air ketuban, sakit perut dan punggung serta kram perut yang terlalu cepat, hal ini bisa jadi mengarah ke keguguran.
Perlu diingat bahwa ada gejala-gejala tertentu yang tidak selalu menandakan keguguran walaupun hal itu mungkin, seperti hilangnya gejala mual dan muntah secara mendadak di masa awal kehamilan serta gerakan bayi yang minimal bahkan nyaris tak ada ketika usia kandungan sudah memasuki trimester kedua. Akan tetapi, bila anda wanita hamil dan merasa bahwa hal-hal tersebut patut dicurigai atau bila anda memang mengalami gangguan kesehatan, sebaiknya anda memeriksakan kondisi bayi anda ke dokter untuk memastikan.

Demikian artikel kami tentang tanda-tanda keguguran yang patut di waspadai oleh Bunda. Semoga bisa bermanfaat ya. Baca juga : Makanan atau Cemilan Sehat Untuk Wanita Hamil.
loading...

Subscribe to receive free email updates: