Manfaat Latihan Fisik Bagi Wanita Hamil

Manfaat latihan fisik bagi wanita hamil
Apa sih sebenarnya manfaat latihan fisik bagi wanita hamil ? Pentingkah ? Latihan fisik untuk wanita hamil dirancang untuk meningkatkan kesehatan sang ibu dan bayi serta mendukung persalinan yang lancar. Latihan untuk wanita hamil semacam ini sekarang sangat popular; anda dapat mengetikkan kata ‘latihan untuk ibu hamil’ di internet, dan dalam sekejap anda akan melihat banyak sekali saran serta tips olahraga bagi ibu hamil dalam usia kandungan berapapun. Anda mungkin berpikir “kenapa wanita hamil harus berolahraga? Bukannya mereka wajib banyak istirahat?” Jawabannya, sebab latihan fisik jika dilakukan dengan benar membawa lebih banyak manfaat ketimbang kerugian untuk kesehatan wanita hamil serta si bayi.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa latihan fisik untuk wanita hamil sangat disarankan demi kesehatan ibu dan bayi:
1. Latihan menjaga agar berat badan wanita hamil tetap seimbang. Obesitas pada wanita hamil bukan hanya memengaruhi penampilan dan kesehatan tubuh, namun dapat memengaruhi keselamatan ibu dan anak saat persalinan karena wanita yang kelebihan barat badan mudah mengalami komplikasi saat melahirkan.
2. Latihan fisik yang difokuskan pada panggul akan membuat persalinan lebih mudah karena otot panggul banyak dipakai selama proses tersebut. Plus, otot panggul yang sehat dan lentur akan membuat persalinan lebih lancar.
3. Latihan fisik yang dilakukan secara teratur akan menguatkan tubuh wanita hamil hingga tidak mudah mengalami nyeri punggung serta lebih mudah pulih kelak setelah melahirkan.

Karena kondisi yang berbeda dengan orang biasa, wanita yang sedang hamil disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan untuk mencari tahu latihan macam apa yang sebaiknya dilakukan. Bila ada pertimbangan tertentu dari dokter untuk tidak melakukan latihan jenis tertentu, sebaiknya saran tersebut dituruti. Jenis latihan biasanya disesuaikan dengan usia kandungan sehingga tidak membebani tubuh sang ibu. Saat ini, wanita hamil dapat melakukan latihan yang beragam mulai dari jalan kaki, yoga, aqua-aerobic, peregangan, dan sebagainya. Tetapi tentu saja lebih baik bila seorang wanita rajin berolah tubuh agar memiliki kondisi kesehatan yang selalu prima, baik yang punya bayi maupun yang tidak. Itulah beberapa manfaat latihan fisik bagi wanita hamil semoga bermanfaat ya

Subscribe to receive free email updates: