Inilah 5 Cara Diet Saat Hamil Yang Benar dan Di Anjurkan

Cara Diet Saat Hamil
Sudah menjadi hal yang umum ketika wanita hamil mengalami kenaikan berat badan. Selain adanya  janin yang di kandung, pemicu berat badan juga dipengaruhi oleh asupan makanan yang meningkat. Sebagian wanita yang sedang hamil mungkin saja mengalami nafsu makan yang menurun, namun ada pula wanita yang justru mengalami nafsu makan yang meningkat.
Terlepas dari hal tersebut, pada masa kehamilan sebaiknya ibu hamil menjaga dengan baik asupan makanan yang di konsumsinya. Hal ini penting di lakukan karena nutrisi dari makanan tersebut harus memenuhi bagi janin serta ibu itu sendiri. Meskipun demikian, hal yang harus digarisbawahi yaitu anda harus bisa mengontrol agar berat badan tidak melampaui batas sehingga tidak menimbulkan obesitas.
Untuk mencegah hal tersebut terjadi, berikut cara diet saat hamil yang tepat yang bisa anda lakukan pada masa kehamilan anda :

1. Membuat Daftar Menu Makanan Diet Anda
Buatlah daftar menu makanan diet anda ini merupakan cara diet saat hamil yang pertama. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan program diet tersebut dalam mengatur pola makan agar berat badan kembali normal setelah masa persalinan.
Dengan cara tersebut tentu akan mempermudah serta menghindarkan anda dari makanan yang dapat merusak program diet yang sedang anda lakukan. Setelah anda membuat daftar makan-makanan untuk diet tersebut, selanjutnya anda bisa menempelkannya pada dinding atau kulkas dapur sehingga anda dapat mudah untuk mengingat dan membacanya. Baca juga : Daftar Menu Makanan Untuk Program Diet.

2. Jangan Lupakan Sarapan
Cara diet saat hamil ini tidak boleh di lewatkan. Jangan sampai anda melewatkan sarapan karena justru akan membuat nafsu ngemil anda meningkat. Tidak meluangkan waktu untuk sarapan juga akan membuat makan siang anda menjadi lebih banyak. Hal ini justru akan merusak program diet yang sedang anda lakukan.
Oleh sebab itu, anda tetap harus melakukan kebiasaan ini agar bisa terhindar dari gejala kesehatan seperti lemas, mual hingga kepala pening. Tentu saja anda juga harus tetap memperhatikan asupan yang akan dikonsumsi.

3. Mengkonsumsi Makanan Berserat dan Hindari Makanan Manis dam Berlemak
Anda bisa memperbanyak makanan kaya serat seperti pada sayuran dan buah-buahan. Kandungan serat sangat bagus untuk melancarkan pencernaan agar anda tidak mengalami masalah kesehatan seperti sembelit.
Selain itu, makanan manis membuat anda cenderung akan sering merasa lapar. Dengan hal tersebut tentu akan membuat anda sedikit-sedikit lapar sehingga akan meningkatkan intensitas ngemil dan makan dengan porsi yang lebih besar. Tak hanya itu saja, cara diet saat hamil agar berhasil yaitu anda juga harus menghindari makanan berlemak seperti gorengan dan jeroan.

4. Mengolah Makanan Dengan Car Dikukus Atau Di Rebus
Sebaiknya, makanan yang akan anda konsumsi di olah dengan cara di rebus ataupun di kukus. Cara diet saat hamil yang satu ini dapat membantu menghindarkan anda dari proses memasak dengan menggunakan minyak goreng yang merupakan sumber lemak jenuh sebagai pemicu gejala obesitas.
Berbagai olahan makanan yang bisa anda coba yaitu, pepes tahu, pepes ayam, dan pepes ikan.

5. Minum Air Putih Minimal 8 Gelas Setiap Hari
Dengan anda memperbanyak minum air putih maka dapat menjadikan anda merasa selalu dalam keadaan kenyang. Seringkali jika anda merasa lapar, padahal anda sudah makan sesuai dengan porsi dan jam makan yang di tentukan, maka anda bisa meminum air putih sebagai pengganjal yang aman. Anda bisa menggunakan cara tersebut untuk mengatasi rasa lapar tersebut.

Subscribe to receive free email updates: