Yuk Mengenal Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Penyakit Eksim

Eczema atau yang biasa disebut dengan eksim adalah kulit yang mengalami peradangan yang membentuk warna kemerahan. Penyakit ini menimbulkan rasa gatal yang berbentuk gelembung cairan dan mengakibatkan terjadinya penebalan. Bahkan, penyakit ini seringkali menimbulkan pigmentasi dan pengerasan pada kulit. Meskipun begitu eksim bukanlah sejenis penyakit yang bisa menular.

Yuk Mengenal Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Penyakit Eksim

Melalui risetnya, Dr.Niken Trisnowati, MSc.Sp.KK memaparkan menyatakan bahwa jumlah kejadian dermatitis atopik pada anak anak mencapai 15-30 persen. Sementara itu risetnya juga mengatakan bahwa prevaluasi orang dewasa adalah sekitar 2-10 persen. Menurutnya, penyakit tersebut sering kali kambuh dengan indikasi gatal dan ruam di permukaan kulit. Dermatitis atopik biasanya menyerang dengan disertai demam atau penyakit asma. Eksim tersebut bisa menyebar keseluruh tubuh jika dibiarkan dan menimbulkan koreng yang sulit dihilangkan.

Eksim dibagikan menjadi 4 jenis
Ada empat jenis eksim yang biasa menyerang kulit yaitu sebagai berikut;
- Dermatitis Atopik
- Dermatitis Kontak
- Dermatitis stasis
- Dermatitis Numular

Bagaimanakah Eksim bisa terjadi?
Sebagian besar orang di dunia ini mengira bahwa eksim adalah sebuah penyakit yang bisa menular. Padahal pernyataan/pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Para ahli dermatologi berpendapat dan meyakini bahwa faktor keturunan dan lingkunganlah yang mempengaruhi serangan eksim tersebut. Menurut studi yang dilakukan oleh Dr.Niken Trisnowati, Msc.Sp.KK, eksim terjadi akibat dampak dari genetic respons imunologis. Hal ini meningkatkan sensitisasi yang ditengahi oleh Immunoglobin E. Dari sisi lain, doktor dari Universitas Gajah Mada itu mengungkapkan bahwa serangan eksim juga berpengaruh terhadap faktor lingkungan. Ingin tau lebih jauh simak terus ulasan kami mengenai  penyebab, gejala dan cara mengatasi penyakit eksim ini.

A. Kulit Kering Dan Iritasi
Kulit kering bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah penggunaan sabun secara berlebihan. Di satu sisi yang lain, sabun memang bisa melembapkan dan menghaluskan kulit namun jika pemakaiannya terlalu sering justru akan mengakibatkan lapisan minyak berkurang. Hal itu mengakibatkan permukaan kulit menjadi bersisik, kasar, gatal dan menimbulkan warna merah kemerahan. Jika tidak segera diatasi maka eksim bisa terus timbul secara bertahap. Penyebab terjadinya eksim lainnya adalah iritasi akibat pemakaian produk tertentu yang mungkin tidak cocok dengan kulit. Contohnya sabun cair untuk badan, sabun cuci muka, detergen, sampo dan lain lain. Makanan juga bisa menjadi penyebab timbulnya eksim contohnya sayuran, daging, jus buah dan lain lain.

B. Kondisi Emosi Yang Tidak Stabil
Walaupun hubungan antara emosi dan eksim belum lagi diketahui secara pasti tetapi emosi juga dikatakan bisa menjadi salah satu pemicunya. Eksim akan bertumbuh seiring dengan gejala stress yang dialami oleh seseorang. Menurut studi Jonathan Silverberg, MD. Eksim bisa memicu gaya hidup yang buruk pada penderita gangguan emosional .

C. Perubahan Cuaca Dan Kelembapan Yang Extreme
Serangan eksim sangat berpengaruh terhadap suhu lingkungan. Sebagai Contoh, mungkin kulit anda baik baik saja ketika berada di kawasan tropis. Namun jika anda berpindah ke daerah subtropis maka tekstur kulit anda akan menjadi kering, kemerahan dan terasa gatal

D. Infeksi, Alergi dan Perubahan Hormon
Ketika seseorang sedang stress maka otak akan memproduksi hormone kortisol yang bisa menyebabkan kulit tidak bisa menahan air. Akibatnya kulit menjadi kering, peradangan dn berujung gejala eksim.

Cara Mengobati Eksim Dengan Cara Yang Alami
Eksim bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehari hari yang sehat dan sederhana. Berikut adalah 3 tips mengatasi eksim dengan cara yang alami yaitu :
1. Oleskan Minyak Kelapa Oganik Pada Eksim
Minyak kelapa mengandungi zat asam laurat dan vitamin E yang bisa mengurangi gatal sekaligus menyembuhkan eksim secara bertahap. Cukup mengoleskan 2 atau 4 sendok makan maka gejala eksim tersebut dapat dieredakan.
2. Gunakan Gel Lidah Buaya dan Minyak Almon
Lidah buaya mengandungi zat antimikroba dan antiinflamasi yang bisa meredakangatal. Minyak Almond ini kaya dengan vitamin E sehingga bisa menyembuhkan eksim. Zat ini juga bisa mengembalikan bentuk permukaan kulit seperti semula.

Sekian Info kesehatan tentang penyebab, gejala dan cara mengatasi penyakit eksim dari kami semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Jaga selalu kesehatan anda ya !

Subscribe to receive free email updates: