Cara Paling Mudah Menjaga Kesehatan Setiap Hari

Tahukah sobat bahwa kesehatan itu sangat penting dan murah ko, yang mahal itu malah sakit. Mengapa saya mengatakan sakit itu mahal ? sekarang kalau sudah berapa biaya untuk berobat hayow ? Justru untuk sehat itu malah murah seperti tips di bawah ini, yang hampir tidak mengeluarkan biaya. Berikut ini merupakan tips mengenai cara paling mudah menjaga kesehatan setiap hari yaitu  :

Cara Paling Mudah Menjaga Kesehatan Setiap Hari

1. Banyak Mengkonsumsi Air Putih .
Tips pertama dari kami mengenai cara paling mudah menjaga kesehatan setiap hari yaitu penuhi kebutuhan air putih sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air per hari. Air putih berfungsi untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh Anda. Air putih mampu meningkatkan metabolisme tubuh, serta dapat mencegah tubuh terkena infeksi atau virus. Biasakan membawa botol untuk menyimpan air dan bawalah ke manapun Anda pergi.

2. Tidur Dengan Cukup.
Tidur juga penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan jauh dari penyakit. Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang tidur delapan jam sehari memiliki tubuh yang lebih sehat ketimbang mereka yang tidur kurang dari jam itu. Sementara, orang yang kurang dari sekiyar 6 jam setiap malam akan 4 x lebih mudah mengalami flu karena virus dibandingkan orang yang tidur sekitar tujuh jam atau lebih. Hal ini disebabkan oleh sitokin yang telah dilepaskan tubuh selama tidur yang lama. Sitokin adalah sejenis protein yang membantu tubuh melawan infeksi atau virus dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Satu kebiasaan buruk yang dilakukan banyak orang adalah begadang. Lembur, mengerjakan tugas sekolah maupun kuliah, kadang dilakukan pada malam hari karena jam-jam malam itu lah waktu yang di anggap sangat efektif sekali. Dan jam-jam kesunyian tanpa ada yang mengganggu.

3. Mengkonsuksi Vitamin D
Kurangnya vitamin D yang dapat menimbulkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Makanan yang mengandung sumber vitamin D yang baik dikonsumsi ketika kekurangan vitamin D yaitu jamur, ikan salmon,kuning telur ikan tuna, dan hati sapi. Kamu juga dapat mengkinsumsi suplemen vitamin D dan yang mengandung D3 (cholecalciferol), karena suplemen ini baik meningkatkan kadar vitamin D dalam darah seseorang . Namun ada baiknya berkonsultasi ke dokter agar tidak terjadi salah presepsi.

4. Menjaga Kebersihan Lingkungan
Cara palingmudah menjaga kesehatan setiap hari selanjutnya yaitu menjaga kebersihan diri dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar . Dengan cara itu, kita dapat terhindar dari serangan penyakit.

Berikut beberapa cara menjaga kebersihan diri yang baik:
- Mandi secara teratur maksimal 3 kali sehari
- Mencuci tangan sebelum makan,agar terhindar dari bakteri bakteri maupun penyakit
- Mencuci tangan sebelum memasukkan lensa kontak atau melakukan aktivitas lain yang membuat Anda bersentuhan dengan mata atau mulut, karena sangat rentan untuk di masuki bakteri
- Cuci tangan Anda selama 20 detik dan gosok di bawah kuku jari Anda, dan sela-sela jari Anda.
- Tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu saat batuk atau bersin, supaya tidak menular, kepada orang
lain.

Menurut sebuah penelitian yang telah di bukukan di Journal Clinical and Vaccine Immunology yang meneliti perbandingan sel dendritik dan respon sistem kekebalan , zat zat berbahaya seperti alkohol dapat menekan kekebalan . Menurut penelitian dokter menyatakan bahwa penelitian seperti ini  dapat membantu menjelaskan mengapa vaksin kurang efektif untuk orang orang yang sudah kecanduan alkohol. Buah, sayur, ikan, daging, dan bahan-bahan makanan yang lainya memiliki kandungan berbagai macam nutrisi yang masing-masing dibutuhkan oleh tubuh. Namun, berbagai macam makanan tersebut juga tidak menjamin secara keseluruhan secara bersih untuk langsung dikonsumsi. Biasakanlah untuk selalu mencuci buah, sayur, dan bahan makanan lainnya hingga bersih sehingga pestisida yang menempel atau bakteri yang ada dapat hilang. Itulah ulasan mengenai cara paling mudah menjaga kesehatan setiap hari. Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates: