Tips Tentang Diet yang Sehat Dan Alami

Mempunyai badan yang sehat dan ideal adalah dambaan setiap orang, terutama yang memiliki kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan disebabkan karena banyaknya kalori yang masuk ke dalam tubuh kita. Orang yang kelebihan berat badan pasti akan merasa minder apabila terus menerus mempunyai bentuk tubuh yang seperti itu, sehingga mereka memutuskan untuk melakukan diet. Diet adalah pengaturan jenis makanan, porsi makanan, dan kandungan gizi pada makanan. Namun alangkah baiknya, kita melakukan diet yang sehat dan alami, yang terpenting juga tidak membahayakan bagi kesehatan. Berikut adalah tips tentang diet yang sehat dan alami, contoh-contohnya:

Tips Tentang Diet yang Sehat Dan Alami

1. Kita harus memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi
Makanan yang tepat untuk dikonsumsi adalah makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna seperti sayur dan umbi-umbian serta kita harus memperhatikan protein, lemak, karbohidrat dalam makanan yang dikonsumsi. Dalam mengkonsumsi sayur dan umbi lebih baik direbus terlebih dahulu. Jangan pernah mengkonsumsi makanan cepat saji ataupun gorengan karena akan menimbun banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.
2. Kita harus mengatur porsi makanannya
Porsi makanan juga harus diperhatikan dalam melakukan diet karena akan mempengaruhi kalori dalam tubuh kita.
3. Berolahraga
Olahraga adalah hal terpenting saat melakukan diet karena beberapa kalori di dalam tubuh kita akan ikut terbakar saat kita berolahraga. Berolahraga lah selama 30 menit agar kalori turun.
4. Minum air putih yang banyak
Meminum air putih yang banyak juga sangat bagus untuk diet maupun untuk kesehatan, apalagi minum air putihnya 8 gelas sehari.
5. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup yaitu 7-8 jam karena diperlukan dalam diet agar tubuh tetap terjaga dan kalori dalam tubuh bisa berkurang.

Menu-menu yang tepat untuk di konsumsi saat melakukan diet yang sehat dan alami:
a. Sayuran
Sayuran yang baik adalah yang mengandung serat, vitamin, dan mineral sehingga baik untuk dikonsumsi bagi yang diet.
b. Buah
Pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung vitaminnya, yang mengandung serat dan mineral juga baik bagi yang sedang diet. Apalagi buah tersebut dibuat jus.
c. Biji-bijian
Biji-bijian yang bisa dikonsumsi yaitu gandum, jagung, maupun kacang-kacangan.
d. Daging yang tak ada lemaknya
Kita harus memilih daging yang tak ada lemaknya dan juga dalam memasaknya jangan menggunakan minyak atau mentega agar tak mengandung lemak jahat.
e. Ikan
Ikan yang kaya akan protein dan omega 3 nya sangat baik bagi tubuh, apalagi yang sedang melakukan diet. Ikan mengandung lemak yang sehat sehingga bisa membantu melawan lemak jahat yang ada di tubuh. Dalam memasak ikan lebih baik dengan dikukus, direbus, atau dipanggang tanpa minyak agar tetap terjaga kandungannya.

Macam-macam diet yang sehat dan alami :
a. Diet Vegan
Diet ini dengan tidak mengkonsumsi makanan yang asalnya dari hewan seperti daging, telur, susu, dll. Diet vegan tidak hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan kita ataupun menjaga kesehatan, namun juga dapat menghindari konsumsi produk hewani.
b. Diet Keto
Diet  ini dengan cara mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidratnya ataupun tanpa karbohidrat. Diet ini sangat cocok dilakukan bagi yang menderita kelebihan berat badan atau obesitas.
c. Diet Mayo
Diet ini hanya dapat dijalankan dalam waktu dua minggu dan hanya menawarkan menurunkan berat badan yang cukup signifikan. Diet ini hanya mengkonsumsi garam dan makanan yang digoreng saja. Diet ini juga harus diimbangi dengan olahraga yang teratur dan minum air putih.
d. Diet South-Beach
Diet ini disebut dengan diet rendah karbohidrat yang termodifikasi. Diet ini lebih mengutamakan makanan yang rendah karbohidrat dan yang tinggi protein serta lemak sehat.
e. Diet Mediteranian
Diet ini mengkonsumsi berupa sayuran, buah, kentang(umbi-umbian), biji-bijian yang utuh atau kacang-kacangan. Dalam diet ini sangat menganjurkan sekali untuk mengkonsumsi lemak sehat.

Itulah penjelasan artikel kami seputar tips tentang diet yang sehat dan alami. Silahkan dicoba semoga menginspirasi ya

Subscribe to receive free email updates: