Cara Diet Yang Sehat Untuk Golongan Darah O


Cara diet yang sehat. Golongan darah tiap orang berbeda-beda, yaitu golongan darah A, B, AB dan O. Ke empat tipe ini memiliki karakteristik yang berbeda dan jumlah pemilik yang berbeda. Golongan darah O diketahui yang paling banyak pemilik nya dan AB yang jarang orang memiliki.

Pada artikel kali ini kami akan mengulas cara diet yang sehat untuk golongan darah O. Peter D'Adamo adalah penggagas dari cara diet berdasarkan golongan darah ini, beliau seorang dokter naturopati yang terkenal di Amerika. Dia menyakini bahwa karakteristik golongan darah seseorang akan mempengaruhi sistem pencernaannya.

Cara Diet Yang Sehat Untuk Golongan Darah O



Menurut dokter Peter D’Adamo, golongan darah O adalah pemburu hewan laut, karena tipe ini adalah yang paling tua jika dibandingkan dengan golongan darah yang lain. Jadi dapat disimpulkan pemilik darah O mempunyai sistem pencernaan yang kuat dalam mengolah makanan yang memiliki kandungan protein tinggi.

Meski demikian tidak semua jenis makanan aman untuk dikonsumsi,seperti susu atau produk sejenis sebaiknya dihindari karena pemilik golongan darah O rentan terkena penyakit jantung di masa depan.

Menu Diet Golongan Darah O 

Cara diet yang sehat melalui makanan nya dibagi dalam 3 kategori,yaitu makanan yang wajib saat diet, makanan yang dikonsumsi sebagai penambah, dan makanan yang harus dihindari. Berikut ini jenis makanannya:

1. Daging

Untuk menu diet daging harus diolah dengan cara dipanggang, direbus, atau dikukus. Untuk takarannya sendiri tidak boleh lebih dari 6 gram dalam sehari karena bisa menyebabkan terjadi hiperadisitas.

Menu wajib diet :
Ikan salmon
Ikan sarden
Ikan haring
Ikan nila
Ikan kod
Ikan kembung
Daging sapi
Daging kerbau
Daging Kambing

Menu tambahan :
Daging ayam dan bebek
Daging kelinci
Ikan tongkol
Kerang, kepiting dan udang

Makanan yang harus dihindari :
Daging babi
Daging gurita
Iklan lele
Daging angsa.

2. Sayuran

Mengkonsumsi sayuran dapat menyerap protein hewani yang berlebih, selain itu sayuran juga membantu metabolisme tubuh.

Menu wajib saat diet :
Selada
Brokoli
Bawang putih
Labu kuning
Lobak

Menu tambahan saat diet:
Paprika
Lobak
Jahe
Bawang merah
Daun bawang
Labu
Tomat
Singkong Wortel
Seledri
Ketumbar
Timun
Timun jepang

Menu yang harus dihindari :
Kol
Terong
Jamur
Kentang

3. Buah-buahan

Supaya gizi tetap terjaga dan seimbang saat diet sebaiknya perbanyak konsumsi buah, walau demikian tetap harus mematuhi peraturan yang sudah dibuat.

Menu wajib saat diet :
Buah cerry
Plum hijau

Menu tambahan saat diet :
Buah pepaya
Apel
Pir
Mangga
Melon
Buah kaya vitamin C seperti jambu biji, kiwi, anggur, dsb.

Menu yang harus dihindari saat diet:
Pisang raja
Kelapa
Stroberi
Berry hitam
Blewah
Jeruk
Alpukat

Kesimpulan dari cara diet yang sehat berdasarkan golongan darah diatas adalah apapun metode atau tehnik yang kamu pakai, tetap harus memperhatikan keseimbangan asupan nutrisi dan gizi agar tubuh tetap sehat.
Baca juga: Diet Sehat Dan Cepat Untuk Ibu Menyusui

Subscribe to receive free email updates: