Tips Membangun Ekonomi Keluarga yang Efektif

Tips Membangun Ekonomi Keluarga
Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang masalah ekonomi keluarga. Kita tahu kalau sekarang lagi serba krisi, nah tips membangun ekonomi keluarga sangat penting diperhatikan, terutama bagi keluarga yang baru terbentuk atau pasangan yang baru menikah. Ekonomi keluarga meskipun bukan hal mutlak yang akan menentukan kebahagiaan pasangan suami istri, namun tetap menjadi hal yang paling sering menjadi pemicu kegagalan sebuah rumah tangga. Sebelum menikah ataupun pada saat baru menikah, sebaiknya Anda mempelajari dengan baik bagaimana tips membangun ekonomi keluarga.

Berikut ini beberapa tips membangun ekonomi keluarga yang bisa dijalankan untuk membantu Anda menciptakan perekonomian keluarga yang lebih tertata dengan baik meskipun usianya yang baru:
1. Perhatikan betul soal manajemen, keberhasilan ekonomi suatu keluarga sangat dipengaruhi oleh bagaimana cara mengatur sirkulasi keuangan. Seberapa pun besarnya penghasilan Anda, tak akan ada gunanya jika Anda tidak memiliki sistem manajemen keuangan yang baik. Sebaliknya, meskipun mungkin penghasilan Anda tak seberapa, namun bisa diatur dengan baik, maka ekonomi akan bisa lebih tertata dengan baik.
2. Prioritaskan kebutuhan dibanding dengan keinginan. Redam keinginan Anda, dan dahulukan apa yang menjadi kebutuhan. Ada banyak hal yang Anda beli sebagai keinginan namun bukan menjadi suatu kebutuhan.
3. Jika keduanya baik suami maupun istri berpenghasilan, akan lebih mudah mengatur keuangan. Namun jika istri tidak berpenghasilan, sebaiknya ia mulai mencoba usaha bisnis rumahan yang mungkin cocok untuk dikelola.
4. Ada dua cara untuk bisa menjadi kaya, yakni menabung dan bersedekah. Lakukan kedua cara ini secara seimbang, dan rasakan hasilnya di masa akan datang.
5. Ekonomi yang baik bagi sebuah keluarga yang baru adalah ekonomi yang mandiri dan melepaskan diri dari ketergantungan kepada keluarga. Saat ini sedikit orang yang bisa mandiri setelah menikah. Rata-rata orang masih bergantung soal keuangan kepada orang tua.

Bagaimana tips membangun ekonomi keluarga yang lain? Hidup hemat bukan berarti pelit, namun bagaimana upaya Anda mempritaskan sesuatu yang lebih bermanfaat dibanding dengan yang kurang bermanfaat. Bercita-citalah menjadi sejahtera, tak hanya kaya. Itulah yang dapat kami sajikan semoga menginspirasi ya
loading...

Subscribe to receive free email updates: