Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak

Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak
Pernahkah Anda mengalami pembengkakan pada gusi? Tentunya rasa nyeri, linu, hingga demam bisa dirasakan selama seharian. Bahkan, gusi bengkak bisa terjadi dalam waktu beberapa hari, sehingga membuat aktivitas terganggu. Gusi bengkak atau dalam bahasa medis disebut gingival swelling merupakan penyakit mulut yang bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari alergi hingga infeksi. Untuk mengatasinya, Anda bisa berobat ke dokter gigi. Namun bila dirasa belum terlalu parah, Anda bisa mencoba salah satu di antara cara alami mengobati gusi bengkak pada pembahasan berikut.

1. Jahe
Jahe adalah salah satu rempah-rempah khas Indonesia yang ternyata bisa dijadikan obat gusi bengkak. Caranya, Anda bisa melembutkan jahe dengan diparut. Setelah itu, tempatkan pada pisin dan aduk bersama dengan sedikit garam. Jika sudah, Anda bisa mengoleskannya ke area gusi yang sakit. Biarkan beberapa saat sembari digosok perlahan. Dengan cara ini, sakit pada gusi bisa sembuh bahkan dalam waktu singkat.

2. Cengkeh
Cengkeh juga merupakan rempah-rempah khas yang sudah dikenal sejak lama dapat menyembuhkan berbagai macam masalah mulut, termasuk sakit gigi dan gusi bengkak. Saat ini pun sudah ada produk olahan cengkeh dalam bentuk minyak yang khusus untuk mengobati masalah mulut. Anda juga bisa mengolahnya sendiri. Caranya dengan melembutkan cengkeh bersama dengan lada hitam. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut ke gusi yang sakit. Diamkan beberapa lama agar ramuan meresap. Saat pertama kali memakai, mungkin Anda akan merasakan panas yang sangat.

3. Garam
Cara alami dan rumahan yang banyak digunakan sebagai pengobatan pertama gusi bengkak adalah garam. Anda hanya perlu mencampurkan garam dengan segelas air, lalu gunakan cairan tersebut untuk berkumur-kumur. Garam sendiri dipercaya bisa membunuh kuman yang menjangkit pada gusi.

4. Jeruk nipis
Cara alami mengobati gusi bengak lainnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Seperti kita kenal, jeruk nipis merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin tersebut merupakan antioksidan yang dipercaya bisa meningkatkan proses penyembuhan gusi yang bengkak. Jeruk nipis juga memiliki sifat anti bakteri, sehingga penyebab gusi bermasalah bisa diatasi. Untuk cara pembuatannya, Anda bisa menjadikan jus jeruk nipis sebagai obat kumur.

5. Lidah buaya
Tahukah Anda bahwa lidah buaya juga bisa menyembuhkan gusi bengkak secara alami. Bagian daging berlendir pada lidah buaya bisa mengurangi rasa nyeri akibat bengkak. Untuk penggunaannya pun tidaklah sulit. Anda bisa menjadikannya sebagai obat kumur.

6. Soda kue
Anda juga bisa mengobati gusi yang bengkak dengan menggunakan soda kue. Nantinya soda kue akan membantu mengurangi bengkak serta rasa nyeri pada gusi. Caranya dengan mencampurkan soda kue dengan bahan alami lain, semisal kunyit. Setelah itu, oleskan sembari dipijat perlahan dan halus.

Itulah beberapa cara alami mengobati gusi bengkak yang dapat anda coba sendiri di rumah, mudah bukan? Semoga informasi kami bermanfaat. Jika sakit berlanjut hubungi dokter gigi, simak juga : Alamat Paktek Dokter Gigi.

Subscribe to receive free email updates: