Tips Memilih Aki Motor Berkualitas

Pada dasarnya, fungsi dari sebuah aki mobil berkualitas itu tidak hanya sekedar untuk menyalakan sebuah mesin motor saja. Namun, aki motor itu berguna sekali untuk sumber kelistrikan. Sehingga, dengan adanya aki yang berkualitas inilah, maka sumber kelistrikan untuk menyalakan klakson, lampu-lampu motor, dan juga alarm motor bisa terbantu dan berfungsi dengan baik. Karena memang kualitas dari aki motor yang tidak baik itu bisa mengganggu jalannya dari kendaraan bermotor.
Tips Memilih Aki Motor Berkualitas Sumber : nsbattery.com
Tentu saja males sekali kan, bila pagi-pagi saat akan berangkat ke kantor, namun tiba-tiba saja starter elektrik motor Anda tidak bekerja dengan baik. Sehingga, Anda harus memakai kick starter untuk menyalakan mesin motor Anda. Maka dari itulah, sekarang inilah saatnya untuk Anda mencari sebuah aki motor yang berkualitas. Sehingga, Anda bisa terhindar dari permasalahan motor yang susah untuk distarter. Untuk kisaran dari harga aki motor itu sendiri juga beraneka ragam. Harganya tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor.

Nah, di bawah ini akan kami jelaskan bagaimanakah cara memilih aki motor yang berkualitas yang baik dan benar. Namun sebelum itu, sebaiknya Anda pahami juga bahwa yang namanya aki motor itu terbagi atas 2 macam. Yaitu, aki kering dan juga aki basah. Aki motor yang basah itu cara kerjanya adalah dengan menggunakan cairan elektroda. Sehingga, aki jenis ini sangat membutuhkan perawatan secara berkala.

Misalnya saja, harus bisa mengisi ulang cairan yang digunakan pada aki. Sedangkan untuk aki kering hanya memakai gel. Sehingga, tidak harus dirawat dengan cara yang khusus. Tentu saja dengan membeli aki kering ini akan menghemat biaya pengeluaran untuk merawat motor. Maka dari itulah, aki kering itu sering kali disebut juga dengan maintenance free. Ada 6 hal yang harus Anda perhatikan dengan baik ketika memilih aki motoryang berkualitas, antara lain:

Sesuaikan Jenis Akinya Lebih Dulu! Akan lebih baik bila Anda harus selalu memastikan bahwa aki yang pilihan Anda tersebut harus sesuai dengan motor yang Anda gunakan. Bila Anda ingin mengganti aki motor yang bawaan dari pabrik, sebaiknya bacalah buku manual motor Anda terlebih dahulu. Bila perlu, cobalah untuk melakukan konsultasi terelbih dahulu ke tempat bengkel yang resmi dan terpercaya terlebih dahulu, apakah bisa diganti atau tidak. Mengganti jenis aki itu sebenarnya boleh-boleh saja asalkan Anda sudah konsultasi dengan pakarnya terlebih dahulu dan diganti oleh montir yang berpengalaman.

Pilihlah Aki NS Battery Pastikan bahwa Anda selalu membeli aki motor yang berkualitas dari brand yang ternama. Misalnya saja, seperti NS Battery. Dimana aki motor yang satu ini telah memberikan garansi dan tidak butuh perawatan khusus. Sekarang ini ada 2 macam jenis aki motor milik NS Battery. Yaitu, NS Eagle dan juga NS Hawk. Untuk NS Hawk memiliki masa garansi secara resmi selama 1 tahun. Sementara untuk NS Eagle itu memiliki masa garansi resmi selama 18 bulan. untuk aki motor dari NS Battery ini termasuk aki maintenance free VRLA yang memiliki laju penguapan air yang rendah. Maka dari itulah, jenis aki ini umumnya lewat awet dan lebih bebas perawatan. Tak hanya itu saja, jenis motor yang satu ini juga umumnya anti bocor. Karena aki ini telah didukung pula dengan teknologi AGM atau absorbent glass mat. Bisa dibilang bahwa aki jenis ini termasuk ke dalam aki factory activated yang berarti sudah siap untuk digunakan dari pabrikannya. Selain itu, aki ini juga telah diproduksi menggunakan sistem casting on strap. Dengan begitu, kualitasnya juga menjadi lebih terjamin.

Cek Tanggal Produksi Akinya! Setiap aki motor yang berkualitas itu memiliki tanggal produksi beserta masa kadaluarsanya. Aki yang baik itu adalah aki yang usianya kurang dari 6 bulan dari tanggal produksinya. Sedangkan untuk aki motor yang sudah tua itu sudah pasti sudah lemah. Untuk aki yang sudah tua itu biasanya komponen penyusunnya juga sudah banyak yang aus, dan kapasitas penyimpanannya juga rendah. Aki jenis ini umumnya tidak bisa bekerja dengan baik dan mudah rusak. Maka dari itulah, jangan pernah membeli aki yang usianya sudah tua.

Harga Jualnya Harus Masuk Akal Sebaiknya jangan pernah terjebak oleh persepsi umum yang sering kali dijadikan sebagai penentu mutu dari sebuah produk itu dilihat dari segi harganya. Karena, fakta membuktikan bahwa aki motor yang mahal itu ternyata tidak selalu berkualitas baik. Bahkan, ternyata saat ini banyak juga aki motor yang harganya masih bersahabat, namun kualitasnya bagus bahkan melebihi dari aki yang harganya mahal. Maka dari itulah, sekarang ini Anda harus lebih jeli dalam memilih aki yang berkualitas. Sehingga, aki pilihan Anda menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak.

Subscribe to receive free email updates: