Membangun Usaha Keripik Mbote / Talas dari Nol

Usaha keripik mbote atau talas memang cukup menarik untuk dijalankan. Hal ini karena talas sendiri sangat mudah dijumpai di Indonesia. Tak hanya itu, peminat keripik talas pun beragam dari anak muda hingga orang tua. Keripik talas sangat nikmat dinikmati sembari bersantai bersama keluarga sebagai camilan. Oleh karena itu, bagi anda yang tertarik membangun usaha keripik talas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar usaha keripik berjalan sukses. Apa sajakah itu?

Tips Memulai Usaha Keripik Mbote

 
Membangun Usaha Keripik Mbote / Talas


Persiapan
Untuk menjadi produsen / distributor keripik talas sangatlah mudah. Pertama tahap persiapan, pada tahap ini, anda harus mempersiapkan berbagai alat hingga modal yang digunakan untuk usaha keripik talas. Misalnya alat press, plastik pembungkus, wajan penggorengan, alat pengering keripik, dan sebagainya. Apabila semua persiapan telah lengkap, maka lanjut ke tahap berikutnya.

Bahan Baku
Seperti namanya, bahan baku utama keripik talas adalah talas atau mbote. Saat pertama kali memulai usaha keripik talas cukup siapkan mbote atau talas secukupnya saja, misalnya 10 kg. Selain talas, siapkan juga bahan dapur seperti kaldu ayam bubuk, bawang putih, garam, gula, perasa, dan minyak goreng. Bahan dapur tersebut dibutuhkan untuk memberikan rasa pada keripik talas. Untuk mendapatkan rasa yang khas dari keripik talas buatan anda, jangan ragu untuk melakukan eksperimen.

Tahap Pembuatan
Setelah modal, alat, dan bahan baku telah siap, kini saatnya membuat keripik talas. Pembuatan keripik talas memang terbilang mudah, namun bagi mereka yang belum terbiasa, mungkin akan mengalami sedikit kesulitan. Untuk itulah, berikut adalah tahap pembuatan keripik talas yang harus diperhatikan.

Pertama, siapkan bahan keripik talas berupa 1 kg talas, air bersih secukupnya, 3 sdt air kapur sirih, dan 1 kg minyak goreng. Kedua, siapkan bahan untuk bumbu keripik talas seperti garam secukupnya, kaldu ayam bubuk secukupnya, dan 10 siung bawang putih. Setelah bahan-bahan tersebut siap, kini saatnya membuat keripik talas.

Langkah pertama adalah mengupas kulit talas atau mbote dan mencucinya hingga benar-benar bersih. Setelah itu iris tipis-tipis menggunakan pisau. Sebagai informasi, semakin tipis irisan talas, maka akan semakin baik pula hasilnya karena rasanya renyah. Langkah selanjutnya adalah campurkan air bersih dan air kapur sirih dalam sebuah baskom besar. Aduk hingga merata. Setelah itu, rendam potongan tipis talas selama kurang lebih 4 jam. Saat rendaman talas telah ditiriskan, kini saatnya mencampurkan talas dengan bumbu yang tadi telah dihaluskan. Campurkan hingga merata untuk mendapatkan rasa gurih dan lezat. Setelah itu, goreng keripik talas hingga kering dan kemas dalam wadah plastik untuk dipasarkan, setelah itu anda bisa menjadi grosir keripik talas / sebagai pemasok

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin memulai Usaha keripik mbote. Dengan langkah promosi dan pemasaran yang tepat, maka usaha keripik ini pun dijamin akan laris manis. Semoga bermanfaat. 
loading...

Subscribe to receive free email updates: