Cara Memilih Sepatu yang Sehat untuk Kaki

Tahukah Anda bagaimana cara memilih sepatu yang tepat buat kaki Anda? Seperti kita tahu, sepatu merupakan benda penting yang sering kita pakai sehari-hari. Baik untuk pergi ke kantor, ke sekolah maupun untuk melakukan aktivitas olahraga.
Cara Memilih Sepatu yang Sehat untuk Kaki

Namun penting diketahui kalau pemilihan sepatu yang tidak tepat bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan kita. Nah, jika Anda ingin beli sepatu baru, sebaiknya pertimbangan hal-hal berikut ini.

1. Sol sepatu kuat dan fleksibel. Agar nantinya saat kita menggunakannya bisa nyaman. Selain itu, sol sepatu yang kuat berpengaruh terhadap keawetan pemakaian.

2. Hindari memakai sepatu heels yang terlalu lama. Karena bisa menyebabkan nyeri pada bagian tumit. Boleh saja memakai sepatu hak tinggi kalau memang itu tuntutan dari kantor. Tapi sebaiknya selingi juga dengan menggunakan sepatu flat. Banyak pilihannya. Anda bisa mencarinya di toko jual sepatu flatshoes yang menyediakan sepatu jenis ini.

3. Pilih sepatu dengan bahan bagus. Supaya nantinya Anda lebih nyaman saat menggunakannya. Untuk cara termudah mengetahuinya adalah dengan memerhatikan merek atau brand sepatu tersebut. Jadi bisa kita ketahui seperti apa kualitasnya.

4. Jangan beli sepatu dengan ukuran terlalu nge-press. Sebab nantinya akan terasa sesak di kaki. Pilih yang agak longgar sehingga nantinya tetap ada sirkulasi udara di dalam sepatu.

Itulah sejumlah tips agar Anda bisa memilih sepatu yang tepat. Kalau sampai Anda gagal memilih sepatu yang tepat, resiko yang mungkin Anda rasakan seperti terjadi masalah nyeri otot, tulang maupun sendi pada bagian kaki. Bahkan menurut sejumlah pakar kesehatan, kalau kita misalnya terlalu sering menggunakan sepatu high heels bisa menyebabkan terjadinya nyeri pada tulang belakang. Jadi bukan hanya pada bagian kaki saja yang terkena dampaknya, tapi bisa berpengaruh pada bagian tubuh lainnya.
Oleh karena itu memang paling dianjurkan untuk menggunakan sepatu yang datar dibandingkan dengan yang berhak. Sebab sepatu atau sandal jenis tersebut sesuai untuk mendukung kesehatan tulang belakang.

Lalu, saran penting lainnya jika kita dihadapkan pada pilihan antara membeli sepatu yang bertali atau tidak, dianjurkan pilih yang bertali. karena kita bisa menyesuaikan ikatannya sesuai dengan ukuran kaki kita.
Jadi mulai sekarang, sebaiknya tidak asal dalam memilih sepatu atau alas kaki. Pilih yang sesuai dan baik ditinjau dari sisi kesehatan. Kalau kita salah memilihnya bisa berakibat terjadinya kram pada betis. Sebab pada bagian kaki harus bekerja lebih keras.

Lalu, jika memang misalnya kita hendak menghadiri acara resmi dimana biasanya normalnya menggunakan sepatu high heels, sebaiknya sepatu tersebut dipakai saat mau memasuki lokasi acara. Jadi dari rumah kita bisa gunakan sandal atau sepatu flat. Baru setelah sampai di tempat acara kita bisa ganti dengan sepatu high heels tersebut. Dengan begitu bisa mencegah agar kita tidak terlalu lama menggunakan sepatu ini.
Nah, begitulah tips praktis untuk memilih sepatu yang bagus buat kesehatan kaki dan diri kita. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: