Bahaya Obat Kurus Bagi Kesehatan

bahaya obat kurus

Obat kurus. Obesitas merupakan momok bagi setiap orang. Bahaya dari kelebihan berat badan ini yang menjadi issu utama kenapa banyak orang lebih memilimenggunakan obat pelangsing dibandingkan cara-cara yang alami, karena hasil nya lebih cepat. 

Saat ini sudah banyak sekali beredar obat kurus di masyarakat baik yang legal maupun ilegal, yang menawarkan sejuta manfaat. Tapi tahukah anda, bahwa sesuatu yang instan memiliki efek samping di kemudian hari. Untuk itu perlu ketelitian dan kejelian dalam memilih obat. 

Bahaya Obat Kurus Bagi Kesehatan

Semua jenis obat pelangsing memiliki beberapa efek samping, salah satu nya mungkin bisa sangat berbahaya bagi kesehatan, berikut ini beberapa efek dari obat kurus yang perlu di ketahui: 

1. Sakit Kepala 

Pada obat kurus sering mengandung sibutramin yang bisa menimbulkan sakit kepala yang cukup parah. Kondisi ini juga bisa mempengaruhi proses produksi serotonim dan norepinefrin yang menyebabkan sakit kepala. Sibutramin bekerja dengan menekan nafsu makan dan memanipulasi otak seolah-olah energi yang di butuhkan tubuh sudah terpenuhi. Ketika terjadi lonjakan besar akan kebutuhan energi sedangkan tidak ada makanan yang di serap, mulai lah timbul efek samping dari obat pelangsing ini. 

2. Insomnia 

Insomnia termasuk salah satu gangguan sulit tidur yang akan sering di alami karena sering mengkonsumsi obat kurus. Kondisi ini terjadi karena  tubuh mengalami perubahan sistem metabolisme  secara mendadak. Tubuh tidak memiliki sumber energi sedangkan nafsu untuk makan sudah tidak ada. 

3. Hipertensi 

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu efek samping yang sering terjadi karena kebiasaan minum obat pelangsing. Pengaruh negatif ini juga bisa menimpa orang yang sebelumnya tidak memiliki penyakit hipertensi. Bagi remaja dengan kisaran usia 20 tahun ke atas yang minum obat kurus memiliki resiko lebih besar terkena hipertensu akut. Gejala hipertensi biasa nya di tandai dengan pusing, sakit kepala, sulit tidur, leher menjadi kaku, dan gelisah. Dampak dari tekanan darah tinggi ini lebih besar di banding manfaat obat pelangsing itu sendiri. 

4. Kejang 

Kejang merupakan salah satu efek samping yang di timbulkan oleh obat pelangsing yang menyebabkan gangguan neurotransmiter. Hal ini di pengaruhi dari zat yang terkandung di dalam obat kurus tersebut yang menekan nafsu makan, menurunkan berat badan dan merusak sistem metabolisme dalam jangka panjang. 

Kejang dapat terjadi dalam waktu yang cukup singkat dan sering tanpa kesadaran, karena terjadi kerusakan fungsi otak, penurunan dari fungsi otot dan sistem motorik.  

Bahaya obat kurus bagi kesehatan diatas adalah sebagian dari efek samping yang mungkin ditimbulkan dalam jangka panjang. Oleh karena itu lebih baik menggunakan cara yang sehat dan alami untuk mendapatkan tubuh yang ideal. 
Baca juga: Program Diet Sehat Golongan Darah B
loading...

Subscribe to receive free email updates: