Tips Diet Cepat Untuk Ibu Menyusui Yang Aman

tips diet cepat

Tips diet cepat. Pasca melahirkan bagi seorang ibu merupakan tahap yang cukup berat, kenapa? Karena di waktu ini seorang ibu harus memikirkan segala nutrisi yang diperlukan untuk dirinya dan bayi agar tetap seimbang. Selain itu alami nya berat badan akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. 

Wanita selalu ingin terlihat cantik dengan bentuk tubuh yang ideal, maka nya tidak heran kita sering menjumpai ibu menyusui yang melakukan diet untuk mengembalikan bentuk tubuhnya seperti semula, padahal kalau dilakukan asal-asalan akan berbahaya bagi ibu dan bayi nya. Untuk itu kami telah merangkum beberap tips diet cepat untuk ibu menyusui yang aman. 

Tips diet cepat bagi ibu menyusui  


1. Nutrisi Makanan harus seimbang 

Tips diet cepat yang pertama adalah dengan menjaga keseimbangan nutrisi makanan yang dikonsumsi. Biasanya ibu yang sedang menyusui akan cepat merasa lapar, oleh karena itu perlu nya diperhatikan kadar kalori yang dibutuhkan dan jangan berlebihan, karena kalori yang berlebihan lama-lama akan menumpuk dan menjadi lemak yang tidak baik bagi tubuh. 

2. Makanan harus terjaga kebersihannya

Bagi ibu menyusui sangat penting untuk memilih makanan yang terjaga kebersihannya dan terbebas dari kontaminasi zat berbahaya seperti zat kimia, mercury dan kotoran lainnya. Karena jika masuk kedalam tubuh ibu dan bayi bisa menyebabkan perubahan metabolisme tubuh, sehingga penyerapan lemak dan karbohidrat terhambat yang menyebabkan terjadinya penumpukan lemak ditubuh. 

3. Sumber lemak yang sehat 

Ibu menyusui sangat memerlukan energi dan ini didapat dari lemak. Lemak yang sehat jauh lebih baik jika dibangdingkan dengan lemak jenuh. Untuk lemak jenuh dan lemak trans harus dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit. Sumber lemak baik bisa anda dapatkan dari minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian. 

4. cukupi kebutuhan omega 3 dengan konsumsi ikan 

Tips diet cepat untuk ibu menyusui yang berikutnya adalah dengan mengkonsumsi ikan yang kaya akan omega 3. omega 3 baik bagi kesehatan jantung ibu dan bayi dan bagus bagi tumbuh kembang anak. Selain itu omega 3 bisa mengurangi rasa lelah dan cemas setelah masa persalinan, sehingga kondisi kejiwaan dan fisik tetap stabil. Jenis ikan yang banyak mengandung omega 3 seperti ikan salmon, lele, nila, kerang, tuna dan udang. 

5. Minum air putih yang cukup 

Untuk ibu yang sedang menyusui dianjurkan untuk meminum 16 gelas air putih setiap hari. Karena air sangat dibutuhkan untuk proses metabolisme, menjaga jumlah cairan dalam tubuh tetap seimbang dan menjaga tubuh agar tetap hidrasi. Dengan lancar nya proses metabolisme tubuh maka penimbunan lemak akan berkurang, sehingga berat badan dapat terkontrol. 

Tips diet cepat bagi ibu menyusui diatas sangat penting untuk diperhatikan, karena pada tahap ini ibu juga perlu memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan bayi. 
Baca Juga : Cara Mengecilkan Badan Setelah Melahirkan

Subscribe to receive free email updates: